Jurusan Kuliah Yang Cocok Untuk Calon Politisi Yang Baik



Rekomendasi jurusan kuliah yang cocok untuk calon politisi yang baik - Montesquieu (pemikir politik prancis) memiliki teori yang begitu terkenal dan telah disadur oleh banyak konstitusi negara-negara di dunia, yaitu teori trias politica (pembagian/pemisahan kekuasaan kedalam tiga lembaga utama) yang terdiri dari Eksekutif, Legislatif, dan Yudikatif.

Nah, buat kamu yang tertarik untuk berkecimpung di dunia politik indonesia, tinggal pilih saja mau berkarir atau aktif mengabdi pada negara di lembaga yang mana: 
  1. Eksekutif yang terdiri dari Presiden, Wakil Presiden, dan Kebinet kerjanya/mentri-mentri yang membantu kerja Presiden.
  2. Legislatif yang terdiri dari Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).
  3. Yudikatif yang terdiri dari Mahkamah Agung (MA), Mahkamah Konstitusi (MK), Komisi Yudisial (KY).
Lantas Jurusan kuliah apa yang bisa mengantarkanmu menjadi orang yang bekarir atau mengabdi di lembaga-lembaga kekuasaan seperti Eksekutif, Legislatif, Yudikatif ? sebelum menjawab pertanyaan tersebut yuk kita intip sedikit sarat menjadi anggota lembaga-lembaga kekuasaan tersebut diatas.

Syarat menjadi Ekskutif (Capres & Cawapres), berdasarkan peraturan KPU Nomor 15 tahun 2014. Beberapa syarat menjadi Capres dan Cawapres adalah sebagai berikut:
  • Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  • Warga Negara Indonesia sejak lahir dan tidak pernah menerima kewarganegaraan lain karena kehendaknya sendiri
  • Setia kepada pancasila sebagai dasar negara, UUD 1945, dan cita-cita proklamasi 17 Agustus 1945
  • Mampu secara rohani maupun jasmani untuk melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai presiden dan wakil presiden
  • Tidak pernah menghianati negara serta tidak pernah melakukan tindak pidana korupsi dan tidak pidana lainya
  • Berpendidikan paling rendah SMA/Sederajat
  • Berusia minimal 35 Tahun
  • dan lain lain  
Syarat menjadi anggota Legislatif (DPR, DPRD, dan DPD), persyaratan menjadi Caleg/Calon Legislatif tertuang dalam Undang-Undang Nomor 8 tahun 2012, adapun beberapa persyaratnya menjadi Bakal Caleg diantaranya adalah:
  • telah berusia 21 Tahun atau lebih
  • Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  • Pendidikan Minimal SMA/Sederajat
  • Setia kepada Pancasila sebagai dasar negara, UUD 45, dan cita-cita proklamasi 17 Agustus 1945
  • Menjadi anggota Partai politik
  • Dan lain-lain
Syarat untuk berkarir di lembaga Yudikatif:
Hakim Agung di Mahkamah Agung Republik Indonesia dipilih langsung oleh Presiden atas usulan anggota DPR. Disadur dari wikipedia bahwa:
  • Usia pensiun Hakim agung adalah 70 tahun
  • Jumlah Hakim Agung di Mahkamah Agung maksimal 60 orang 
  • Hakim Agung dapat berasal dari sistem karir maupun non karir
Syarat menjadi Hakim Agung diantaranya: 
  • WNI, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  • Setia kepada pancasila sebagai dasar negara, UUD 45, dan Cita-cita proklamasi 17 Agustus 1945
  • Berusia minimal 45 tahun
  • Minimal berijazah magister dibidang hukum dengan memiliki dasar sarjana hukum, Berpengalaman minimal 20 tahun menjadi hakim, termasuk paling sedikit tiga tahun menjadi hakim tinggi 
  • dll.

Sedangkan untuk menjadi anggota komisi yudisial kamu bisa lihat sendiri persyaratnya di website resmi Komisi Yudisial Republik indonesia, klik link berikut Syarat Menjadi Anggota Komisi Yudisial.

Dari sebagian syarat menjadi Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif, sebenarnya yang memiliki syarat pendidikan miinilam S1 atau sarjana tidak ada (Eksekutif dan Legislatif) kecuali di lembaga Yudikatif. Artinya Lususan SMA/Sederajatpun bisa mencalonkan diri mencadi Caleg, maupun Capres dan Cawapres.

Meski tidak ada syarat minimal pendidikan S1 untuk bisa berada di lembaga Eksekutif dan Legislatif, paling tidak pendidikan di perguruan tinggi bisa menjadi bekal yang bagus untuk mempersiapkan diri secara optimal dalam hal pengetahuan, intelektual, karakter dan mental sebelum terjun didunia politik, pun bisa dijadikan bekal awal sebagai upaya pemenuhan syarat untuk bisa berada di lembaga Yudikatif.

Jurusan kuliah yang masuk kedalam sosial humaniora merupakan jurusan-jurusan yang cocok untuk kamu yang teratrik dengan dunia politik meski sebenarnya untuk terjun dilembaga pemerintahan terutama legislatif tidak memiliki batasan harus kuliah jurusan tertentu sebab lulusan SMA/Sederajatpun bisa menjadi calon anggota legislatif. 

Namun agar lebih afdol dan memiliki bekal yang mumpuni untuk benar-benar menjadi wakil rakyat yang baik berikut ini rekomendasi jurusan Kuliah yang cocok untuk kamu jika ingin menjadi politisi:

1. Ilmu Politik

Sesuai dengan namanya, Ilmu politik adalah jurusan kuliah yang mempelajari berbabagai hal berkaitan dengan politik, baik politik dalam negeri maupun politik luar negeri. 

Dalam jurusan ini kamu akan memeplajari banyak teori dan sejarah politik, birokrasi, demokrasi, hak asasi manusia, etika sosial politik, geopolitik, hukum dan pembangunan, politik di berbagai negara dan lain sebagainya. 

Melalui berbagai teori dan sejarah kamu dituntut untuk perpikir kritis sebagai penunjang untuk melakukan riset dan menganalisa berbagai fenomena sosial politik, dinamika politik terkini, isu-isu kemanusiaan, dan sebagainya, tentu untuk sebesar-besarnya kepentingan rakyat secara luas, bukan kepentingan pribadi atau golongan tertentu saja.

Adapaun kampus-kampus yang membuka jurusan ilmu politik diantaranya seperti: Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Gajah Mada, Universitas Diponegoro, Universitas Padjadjaran, Universitas Sumatera Utara, Universitas Sam Ratulangi, Universitas Udayana, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 
 

2. Ilmu Pemerintahan

Ilmu Pemerintahan merupakan program studi yang mempelajari bagimana kamu melakukan manajemen atau pengelolaan oraganisasi kemasyarakatan atau organisasi pemerintahan seperti lembaga negara eksekutif, legislatif, yudikatif dan lembaga negara lainya yang memiliki fungsi penting dalam menggerakan roda pemerintahan atau negara sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

Selain mempelajari ilmu manajemen organisasi kamu juga mempelajari banyak hal seperti teori-teori politik dan pemerintahan, kemampuan bernegosiasi, teknik-teknik public speaking, sistem perekonomian indonesia, dan lain sebagainya.

Adapun perguruan tinggi yang bisa kamu tuju untuk mengambil jurusan Ilmu Pemerintahan diantaranya seperti, Universitas Gajah Mada, Universitas Diponegoro, Universitas Padjadjaran, Universitas Hasanuddin, Universitas Pattimura, Universitas Mulawarman, dan lain sebagainya.

3. Hubungan Internasional 

Hubungan Internasional merupakan jurusan kuliah multi disiplin, mengingat begitu banyak hal yang dipelajari didalamnya terutama yang berhubungan dengan relasi, interaksi, dan komunikasi antar negara internasional. 

Selain itu prodi Hubungan Internasional juga tidak hanya semata-mata mempelajari soal hubungan diplomasi antar negara saja namun juga mempelajari konflik antarnegara, ekonomi internasional, hukum internasional, politik luar negeri, perdagangan antar negara, negosisasi dan diplomasi, dan masih banyak lagi.

Karakteristik yang tekun, rasional, independent, terampil dalam berkomunikasi, memiliki kemampuan bahasa asing minimal inggris, kritis dalam menganalisis suatu masalah merupakan karakteristik yang seharusnya kamu miliki saat mengambil jurusan ini.

Adapun perguruan tinggi yang bisa kamu jadikan pilihan untuk mengambil jurusan ini diantaranya seperti, Universitas Islam Indonesia, Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Jendral Soedirman, Universitas Andalas, dan lain sebagainya.

4. Ilmu Hukum

Negara kita Indonesia merupakan negara Hukum, maka jika kamu mau menjadi pejabat negara apalagi menjadi pejabat pembuat kebijakan/undang-undang maka memiliki ilmu dan pengetahuan seputar hukum adalah kewajiban, agar hukum berjalan dengan baik dan produk hukum dibuat dengan adil bukan sebaliknya.

Nah di jurusan Ilmu Hukum ini kamu akan diajarkan berbagai hal mulai dari praktek dan teori seperti hukum perdata, hukum pidana, hukum dagang, hukum internasional, praktik peradilan pidana, hukum tata negara dan lain sebaginya.

Adapun perguruan tinggi yang bisa kamu pilih untuk mengambil jurusan Ilmu Hukum diantaranya seperti, Universitas Islam Indonesia, Universitas Trisakti, Universitas Gajah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, dan lain sebaginya.

Baca Juga: 

5. Ilmu Sejarah

Presiden pertama kita Ir. Soekarno pernah berpesan "Jas Merah" atau jangan sekali-kali melupakan sejarah. Sejarah dapat menjadi bekal dan fondasi untuk melangkah kedepan agar tidak mengulang kegagalan masa silam dan meneruskan perjuangan maupun keberhasilan masa lampau untuk kegemilangan masa depan.

Dalam Ilmu sejarah kamu akan mempelajari pengetahuan masa lalu dalam konteks sangat luas yang mencangkup politik, ekonomi, sosial, budaya, hingga agama. Tentu hal ini sangat berguna bagi para legislatif, eksekutif, maupun yudikatif dalam rangka membangun masyarakat dan dalam membuat kebijakan yang seadil-adilnya bagi seluruh rakyat indonesia saat ini berbekal pengetahuan masa lampau.

Adapun perguruan tinggi yang bisa kamu tuju untuk mengambil jurusan ini diantaranya, Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Gajah Mada, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Padang, Universitas Andalas, Universitas Udayana, dan lain sebaginya.

Selain kelima jurusan diatas jurusan-jurusan seperti Filsafat, Sosiologi, Komunikasi, Jurnalistik, Sains komunikasi dan pengembangan masyarakat, Pembangunan sosial dan kesejahteraan, Politik Islam, Ilmu kesejahteraan sosial, bisa kamu jadikan pilihan yang bagus untuk kamu yang ingin jadi politisi yang benar-benar berpihak pada rakyat. Selain melalui pemilihan jurusan yang rekomended di atas, kamu juga harus aktif berorganisasi selama mngenyam pendidikan di perguruan tinggi, tujuannya untuk mengasah soft skill yang tidak kamu dapatkan di kelas perkuliahan.

Baca Juga: 



Jurusan Kuliah Yang Cocok Untuk Calon Politisi Yang Baik Jurusan Kuliah Yang Cocok Untuk Calon Politisi Yang Baik Reviewed by Seno on Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.