5 Website Untuk Mencari Kerja dan Mempersiapkan Karir

Website Para pencari kerja/ Job Seeker

Pencari kerja harus tau dan memaksimalkan penggunaan 5 website ini - bagi kamu, aku atau siapapun yang merasa bingung karena tidak kunjung mendapatkan pekerjaan, padahal ratusan CV sudah disebar, interview/wawancara kerja sudah bolak-balik tapi nggak kunjung membuahkan hasil, dan kamu nggak tau apa yang harus diperbaiki dan di tingkatkan, hemm semoga artikel ini bisa sedikit membantu menyelesaikan permasalahanmu dalam mencari kerja.

Ada banyak faktor yang menyebabkan kita tak kunjung mendapatkan pekerjaan, bisa karena kita merasa sudah melakukan semuanya secara maksimal padahal baru melakukan yang pada umumnya orang lain lakukan, atau bisa karena berkas-berkas yang kita gunakan untuk melamar kerja tidak lengkap dan tidak "menjual", atau bisa juga karena kita tidak memperbaharui CV, Sikap, cara pandang, dan cara berkomunikasi sehingga tak mampu mempromosikan diri dengan baik.

Nah, untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan seperti CV yang begitu-begitu aja, pribadi yang tidak berkembang, jaringkan tidak luas, tidak memiliki akses informasi lowongan kerja, kompetensi dan Skill tidak mengalami peningkatan dsb. Kamu bisa mengoptimalkan penggunaan website-sebsite berikut ini, untuk mengupgrade diri kamu baik secara kompetensi, informasi, maupun kelengkapan berkas "promosi" diri. 5 website untuk mencari kerja dan mempersiapkan karir:

1. Linkedin

Buatkamu para lulusan baru atau freshgraduate atau entri level di dunia kerja, mungkin wawasan dan jaringanmu didunia kerja masih belum seluas para senior yang sudah memiliki pengalaman tahunan bekerja di perusahaan. Daripada kamu sibuk main medsos padahal nggak punya niatan jadi Influencer, mending kurangin aktifitasmu didunia medsos mainstream dan beralih ke medsos para profesional kerja seperti linkedin.

Di linkedin kamu akan memperoleh banyak informasi  langsung dari para profesional, praktisi, dan pegiat penulisan tips seputar dunia kerja, informasi-informasi dari beliau-beliau itu sangat berguna untuk dikonsumsi oleh kamu sebagai bekal bergelut didunia kerja.

Selain tips-tips seputar dunia kerja, di linked ini juga banyak informasi lowongan pekerjaan berseliweran yang bisa kamu coba lamar, banyak juga link-link website yang berguna unuk berkarir dan pengembangan diri, kamu juga bisa bertanya berkenaan dengan karir dan di linkedin juga kamu bisa melebarkan jaringanmu dengan para profesional maupun dengan sesama pencaker, dan freshgraduate

Dan masih begitu banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan jika mengoptimalkan penggunaan linkedin secara aktif. Selain untuk mendapatkan manfaat, di linkedin juga bisa kamu gunakan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman, yang pasti kamu akan malu dan mengurungkan niatmu untuk membuat postingan keluh kesah, karena kebanyakan pengguna linkedin adalah orang-orang optimis, profesional dan memiliki semangat produktif yang membara.

2. Klob

Disitus website Klob terdapat banyak fitur yang bisa kamu gunakan untuk lebih mengenal dirimu sendiri dan bisa juga kamu gunakan untuk menggali potensi yang selama ini tidak kamu sadari, ada juga fitur informasi lowongan kerja yang bisa kamu coba lamar dan berbagai webinar untuk meningkatkan kompetensimu. 

Isi data diri kamu sekomplit mungkin saat membuat akun di Klob, sebab nantinya bisa kamu download sebagai CV profesional yang bisa kamu gunakan untuk melamar kerja.

Secara detailnya di Klob ini selain bisa mencari info lowongan pekerjaan dan melamarnya, kamu bisa mengidentifikasi dirimu sebagai karakter orang yang seperti apa dan cocok bekerja sebagai apa. Hal-hal dari diri kamu yang bisa kamu gali dan kenali melalui fitur tes Klob meter diantaranya:
  • Minat Kerja, Klob meter mengukur minat kerja itu berkaitan dengan kesukaan terhadap tipe tugas tertentu, ada yang suka lapangan, ada yang suka yang berhubungan dengan kreatifitas, ada yang suka keteraturan, ada yang suka dengan pekerjaan yang fleksibel, dan lain lain. Di Klob meter nantinya akan muncul 3 minat kerja yang sesuai dengan dirimu setelelah menyelesaikan tes.
  • Nilai Kerja, Klob meter mengukur nilai kerja itu berkaitan dengan Values yang kamu pegang dan mempengaruhi kenyamanan yang kamu rasakan saat menghadapi berbagai situasi kerja. Di Klob meter nantinya akan muncul 3 nilai kerja yang paling dominan dan paling berdapak bagi dirimu setelah kamu menyelesaikan beberapa pertanyaan.
  • Kepribadian Kerja, Klob meter mengukur kepribadian kerja berkaitan dengan respon seseorang yang berbeda-beda saat dihadapkan dengan berbagai macam situasi kerja. 
  • Gaya Interaksi, Klob meter mengukur gaya interaksi berkaitan dengan kebiasaan-kebiasaan saat berinteraksi dengan orang lain dan cara yang bisa kamu lakukan agar tidak terjadi miskomunikasi.
  • Mindset, Klob meter mengukur mindset ini berkaitan dengan bentuk pola pikirmu yang mendasar saat menghadapi situasi menantang. mindset berperan penting dalam menginterpretasikan dan memaknai informasi ataupun situasi yang sedang dihadapi.
  • Grit, Klob meter mengukur berkaitan dnegan seperti apa kamu saat menghadapi pekerjaan atau situasi yang enggak selesai-selesai.
  • Curiosity, Klob meter mengukur berkaitan dengan seperti apa sifat dan rasa keingintahuanmu saat menghadapi situasi dan pekerjaan baru.
  • Meaning Making, Klob meter menilai berkaitan dengan sejauh apa kamu dapat menemukan makna dibalik situasi sulit.
  • dan masih banyak lagi yang lainya, untuk lebih lengkapnya kamu bisa mencobanya langsung. 

3. Maukerja

Disitus maukerja.id ini terdapat beberapa fitur yang bisa kamu manfaatkan untuk melengkapi berkas-berkas penting prasyarat melamar kerja dan ada juga fitur untuk melakukan konsultasi secara online seputar topik-topik seperti: 
  1. Review CV
  2. Review Cover latter 
  3. Tes seleksi kerja
  4. Interview kerja
  5. Persiapan lamar kerja
  6. Kontrak Kerja
  7. Negosiasi Gaji
  8. Magang/Internship
  9. Probation (masa percobaan)
  10. Jenjang Karir
  11. Resign
  12. PHK/Pemutusan Hubungan Kerja
  13. Evaluasi Kinerja
  14. Konflik di Kantor
  15. Kebijakan Kantor
  16. Konflik Kantor lainnya
Di maukerja.id juga bisa mendownload gratis template berkas-berkas untuk melamar kerja seperti: CV bahasa Indonesia & Inggris, Template dokumen lamaran kerja, Cheatsheet persiapan interview, Soal tes psikotes dan pembhasannya, dan kamu jug bisa membuat surat lamaran kerja hanya dengan mengisi form dan hasilnya bisa kamu download gratis.

4. Jobstreet

Jobstreet merupakan website penyedia informasi lowongan pekerjaan yang didirikan di malaysia dan telah menjadi website penyedia informasi lowongan kerja terkemuka di Asia. Jobstreet telah memfaitiasi begitu buanyak perusahaan di Indonesia, Malaysia, Vietnam, dan Singapoer dengan para calon kandidat atau para pencari kerja.

berbgai jenis lowongan pekerjaan dengan berbagai bidang dari A sampai Z ada di jobstreet, mulai dari bidang kesehatan, IT, Hukum, Geografi, berbagai pelayanan, Otomotif, Digital, Ekonomi, dan lain sebagainya. 

Sepengalaman mimin, di jobstreet lowongan kerjanya memang terlengkap, regulasinya jelas, fitur-fitur didalamnya user friendly. Namun, meski begitu kita tetap harus berhati-hati terhadap berbagai jenis penipuan, maka sebelum mencoba melamar berbagai lowongan kerja kamu bisa terlebih dahulu membaca panduan mencari kerja secara aman di jobstreet. Tab menunya ada di dasboard jobstreet bagian bawah.

5. Senoworker

Senoworker.com adalah website penyedia informasi seputar dunia kerja dan pendidikan untuk para freshgraduate, para siswa-siswi SMA/Sederajat, maupun orang umum yang tengah mencari info lowongan pekerjaan, beasiswa, upskilling dan ingin meningkatkan pengetahuannya seputar dunia kerja. 

Senoworker.com memiliki berbagai artikel yang membahas berbagai sub topik yang sangat informatif diantarnaya seperti:
  • Tips-tips, dalam sub menu ini berisi berbagai macam tips berkenaan dengan berbagai aktifitas di dunia kerja, seperti tips membuat CV, tips wawancara kerja, dan berbagaimacam tips lainya.
  • Rekomendasi Jurusan Kuliah, dalam sub menu ini berisikan berbagai macam jurusan perkuliahan beserta penjelasan dan prospek kerjanya dan juga berisi informasi berbagaimacam beasiswa.
  • Rekomendasi Bidang Pekerjaan, dalam sub menu ini berisikan berbagai macam pekerjaan/profesi yang bisa dijadikan pilihan sesuai dengan minat dan kompetensi.
  • Profil Profesi, dalam sub menu ini berisikan berbagai informasi untuk lebih mengenal suatu pekerjaan atau profesi secara lebih dalam.
  • Hardskill, dalam sub menu ini berisi berbagai informasi untuk meningkatakan atau megembangkan pengetahuan dan kehalian khususnya hardskill.
  • Softskill, dalam sub menu ini berisi berbagai informasi untuk meningkatkan atau mengembangkan pengetahuan dan keahlian khususnya softskill.
  • Info lowongan pekerjaan, dalam sub menu ini berisikan informasi lowongan pekerjaan yang di peroleh dari sumber terpercaya seperti dari website resmi perusahaan terkait.
Demikian 5 Situs website yang bisa kamu gunakan atau kunjungi sesering mungkin sebagai upaya meningkatkan kualitas diri dan upaya mendapatkan pekerjaan yang kamu impikan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.