Miliki 5 Soft Skill Ini Agar Masa Depan Karirmu Semakin Cerah

soft skill wajib yang harus dimiliki untuk meraih masa depan yang cerah

Sesuatu yang tidak bisa ditawar dalam sistem hukum alam, bahwa setiap orang harus memiliki skill agar dapat bertahan ditengah-tengah dinamika dunia kerja yang semakin ketat. Selain Hard skill yang wajib kamu miliki, soft skill juga memiliki peranan penting bagi masa depan karirmu. 

Namun dalam mempersiapkan diri menyongsong masa depan karir yang penuh misteri, kebanyakan dari kita lebih berfokus meningkatkan hardskill semata dan mengesampingkan softskill. Padahal keduanya bagaikan siang dan malam yang tidak bisa dipisahkan.

Jika di analogikan, hardskill itu bgaikan "pisau", sedangkan softskill adalah tentang bagaimana kamu bisa memanfaatkan "pisau" secara lebih optimal dan menghasilkan dampak positif. 

softskill bisa berupa kreativitas, leadership, kemampuan berkomunikasi, management emosional, dsb. Menurut Senoworker, softskill menjadi pembeda antara manusia dengan robot maupun hewan yang rigid dan ajeg.

Softskill berikut ini wajib kamu miliki sebagai ikhtiar agar masa depan karirmu semakin terarah dan semakin cerah, tentu saja versi Senoworker:

1. Kredibilitas

Orang yang memiliki kredibilitas adalah orang yang dapat dipercaya, dalam dunia kerja maupun kehidupan sehari-hari, kredibilitas adalah modal utama untuk mengembangkan dan meningkatkan karirmu.

Sepintar papun, seahli apapun, dan setinggi apapun jabatanmu, tanpa ditopang kredibilitas maka tidak akan ada kantor, perusahaan, rekan, dan kawan yang akan mau percaya dan berlama-lama bekerjasama denganmu.

Kredibilitas dapat memudahkanmu unuk membangun networking, mengoptimalkan kerjasama tim, dan akan membawamu pada keterarahan karir yang cemerlang.

2. Berpikir Kritis

Softskill Berpikir kritis adalah kemampuan menerima dan mencerna informasi dengan mempertimbangkan aspek-aspek terkait yang terdapat didalam informasi tersebut, kemampuan ini dapat menghindarkanmu mengkonsumsi dan mempercayai informasi yang tidak valid dan membantumu berpikir solutif.

Kamu dapat mengasah kemampuan berpikir kritis dengan berbagai kegiatan seperti membaca buku, berdiskusi, meragukan/mempertanyakan sesuatu, melakukan chek and rechek suatu informasi, menguraikan permasalaha, dsb. 

Kenapa kamu harus berlatih dan harus bisa berpikir kritis? ya agar kamu memiliki kemampuan problem solving dan tidak mudah dibodohi, ditipu, dan dimanipulasi oleh orang lain atau pihak-pihak tertentu. Apa lagi hari ini, dimana hoax, informasi yang dipotong, informasi yang dipisahkan dari konteksnya, kerap disebarkan untuk menguntungkan pihak satu dan merugikan pihak lainnya.

3. Kreatif

Kreatif adalah produktif menghasilkan hal-hal baru, atau menghubungkan hal-hal yang sebelumnya terpisah menjadi terhubung sebagai entitas baru yang berbeda. sederhananya, kreatif adalah "menciptakan" sesuatu yang sebelumnya belum ada, bisa berupa ide, gagasan, produk, solusi dan sebagainya.

Untuk berkembang, individu atau organisasi harus selalu melakukan pembaruan disegala aspek sehingga selalu relevan dengan zaman, itulah mengapa softskill kreatif sangat dibutuhkan diberbagai posisi dalam organisasi maupun perorangan seperti di pengembangan sumberdaya manusia, layanan konsumen, dsb.

Agar memiliki kreatifitas kamu bisa melatihnya dengan terus melakukan inovasi diberbagai hal menggunakan prinsip ATM (Amati,Tiru, Modifikasi), dan terus meningkatkan kemauan mempelajari hal-hal baru agar semakin banyak referensi yang dapat menstimulus dan membangkitkan kreatifitasmu.

4. Kemauan Belajar Hal-hal Baru

Kemauan belajar hal-hal baru membutuhkan semangat menjadi lebih baik dari hari kehari. keinginan meningkatkan kapasitas diri dan memperbaiki kekurangan, bisa kamu jadikan batu loncatan untuk terus berkembang dengan terus mempelajari hal-hal baru, baik melalui buku bacaan, pengalaman orang lain, maupun dari tugas-tugas kantor yang kamu sanggupi meski belum pernah kamu lakukan sebelumnya.

Selama kamu masih ingin terus berkembang, kamu masih harus memiliki kemauan belajar hal-hal baru. Dengan begitu karakter-karakter positif baru akan bermunculan seperti sefl-awareness atau keinginan bekerja dengan memberikan kemampuan terbaik, otentisitas atau menjadi diri sendiri, adaptable atau kemampuan beradaptasi yang baik, menjadi pendengar yang baik, dsb. 

Kemauan untuk terus belajar hal-hal baru membuatmu terus berkembang dan lebih maju dari sebelumnya.

5. Kemampuan Komunikasi, Networking, dan Leadership

Ketiga softskill diatas (Kemampuan komunikasi, Networking, dan Leadership) adalah basic atau dasar profesionalisme yang harus dimiliki seseorang, baik dalam bekerja maupun dalam kehidupan sehari-hari sebagai seorang individu yang berkualitas. 

Lantas bagaimana agar kita memiliki kemampuan komunikasi yang baik, Networking yang luas, dan Leadership yang kuat? untuk mempelajarinya secara lengkap langsung dari pakarnya, kamu bisa klik link berwarna merah berikut ini Kemampuan komunikasi, Networking, Leadership.



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.