6 Daftar Beasiswa Pendidikan Tinggi Rekomended

Pendidikan itu penting, hampir semua orang sepakat dengan pernyataan tersebut. sayangnya tidak semua orang memiliki akses untuk mengenyam pendidikan tinggi. 

Ada banyak faktor yang melatar belakangi terbatasnya akses terhadap pendidikan tinggi untuk sebagian masyarakat indonesia. 

Terutama masyarakat yang tinggal di daerah terpencil dengan segala keterbatasan infrastruktur dan akses informasi, dan juga bagi masyarakat yang hidup dengan keadaan ekonomi kurang mampu.

Anak-anak atau generasi calon penerus bangsa tidak hanya mereka yang mampu secara ekonomi, namun mereka yang kurang beruntung secara ekonomi juga merupakan para penerus bangsa yang harus dirangkul bersama-sama. 

Kita tidak pernah tahu dari keluarga ekonomi bawah ada anak-anak yang memiliki semangat belajar yang kuat, daya juang yang tinggi, dan potensi-potensi tak terbayangkan yang sayang jika tidak dikembangkan.

Sebagai bentuk dukungan, kepedulian dan aksi nyata untuk membantu mereka yang kurang mampu dan terhadap mereka yang berprestasi. Berbagai macam beaasiswa hadir untuk mereka. 

Beasiswa-beasiswa ini ditujukan untuk mereka yang memiliki semangat belajar yang tinggi namun kurang beruntung secara ekonomi dan untuk mereka yang memiliki prestasi yang membanggakan dan ingin terus meningkatkan kualitasnya untuk turut serta membangun negara. 

Berikut 6 daftar beasiswa pendidikan tinggi yang rekomended versi senoworker:

1. Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)


Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) merupakan beasiswa yang diselengarakan oleh pemerintah Indonesia melalui LPDP dibawah naungan kementrian keuangan. 

Beasiswa ini menyangkup untuk pendidikan tinggi di dalam negeri maupun luar negeri. adapun jenis beasiswa yang tersedia diantaranya:
  • Beasiswa Umum
  • Beasiswa Afirmasi
  • Beasiswa Targeted Group
Untuk Selengkapnya kamu bisa mengunjungi website resmi LPDP, link tertera pada gambar diatas.

2. Bidik Misi



Bidik Misi berupakan dana bantuan/beasiswa pendidikan untuk calon mahhasiswa kurang mampu secara ekonomi namun memiliki potensi dan nilai akademik yang bagus untuk menempuh pendidikan diperguruan tinggi pada program studi unggulan sampai lulus tepat waktu. 

Buat kamu yang mau atau baru lulus SMA kemudian memiliki nilai akademik yang baik, kemauan kuat untuk meneruskan pendidikan tinggi, namun terhambat masalah ekonomi. bidik misi ini bisa jadi pilihan solusi buat kamu agar bisa kuliah gratis.

Untuk info selengkapnya kamu bisa kunjungi website resmi Kemenristek dikti pada link yang tertera pada gambar di atas.

3. Beasiswa Unggulan Kemendikbud



Merupakan beasiswa pendidikan tinggi yang diberikan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. terdapat dua jenis beasiswa yang terbuka untuk siapa saja yang memenuhi kualifikasi yang di tentukan, besasiwa itu diantaranya:
  • Beasiswa Pegawai Kemendikbud
  • Beasiswa Masyarakat Berprestasi, merupakan beasiswa dalam negeri untuk jenjang S1 atau sarjana, S2 atau magister, S3 atau doktoral. beasiswa ini terbuka untuk kamu yang memiliki surat keterangan diterima perguruan tinggi atau sudah menempuh perkuliahan minimal 2 semester. Untuk ketentuan dan info lebih lengkapnya kamu bisa kunjungi Website resmi beasiswa unggulan Kemendikbud. Link website tertulis pada gambar diatas. 

4. Beasiswa Djarum Plus



Beasiswa djarum plus ditujukan untuk mereka yang tengah menempuh pedidikan starata 1 atau di ploma IV semester 4.  Beasiswa ini telah bergulir sejak tahun 1984 dengan tidak hanya memberikan dana besasiwa pendidikan sebesar 1juta selama setahun, namun juga memberikan bekal Soft skill untuk melengkapi hrad skill yang diperoleh di perguruan tinggi.

Untuk info lebih lengkapnya kamu bisa mengunjungi website resmi beasiswa djarum, link tertera pada gambar diatas.

5. Beasiswa Santri Berprestasi Kemenag



Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSP) dari kemenag ini merupakan program afirmatif (pengatan) perluasan askses santri terhadap pendidikan tinggi strata 1 atau profesi melalu serangkaian program yang telah disusun Kementrian Agama Republik Indonesia. 

Santri yang identik dengan stigma konservatif dan tradisonal, dengan jalur ini diharapkan bisa lebih mengembangkan diri agar dapat memberikan dampak yang lebih luas secara formal dan nonformal di tengah-tengah masyarakat. 

Sehingga memunculkan stigma baru bahwa santri sesungguhnya memiliki potensi yang luarbiasa (Kemandirian, Ketangguhan, dan berkarakter) yang tak dimiliki oleh mereka yang tidak nyantri dan itu jarang diketahui oleh kebanyakan orang.

Universitas-universitas yang bekerja sama dalam Program Beasiswa Santri Berprestasi ini diantaranya: ITB, IPB, UGM, ITS, UPI, UIN Sunan Kalijaga, UIN syarif Hidayatullah, dll.

Untuk info selengkapnya dapat mengunjungi website resmi penyelenggara, link tertera pada gambar diatas.

6. Beasiswa Pertamina 



Beasiswa pertamina ini diberikan kepada mahasiswa berprestasi secara akademik, aktif berorganisasi dan berperan aktif dalam kegiatan sosial-kemasyarakatan.

Beasiswa yang diberikan kepada para penerima beasiswa Pertamina ini meliputi dana Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP), Biaya hidup, Training Capacity Building, dll.

Ada 4 jenis beasiswa yang bisa kamu pilih yakni:

  • Beasiswa Sobat Bumi
  • Beasiswa Peduli
  • Beasiswa Afirmasi Daerah Operasi
  • Beasiswa Vokasi
Untuk info selengkapnya kamu bisa kunjungi website resmi pertamina foundation, link website ada pada gambar diatas. 



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.