Mengenal Seluk Beluk Ruang Guru (5W+1H Ruang Guru)

Mengenal seluk beluk Ruang Guru- Kali ini Senoworker mencoba mengulik seluk beluk platform pendidikan digital no.1 di Indonesia, dan kini per-Oktober 2020 aplikasi Ruang Guru di Play Store telah mendapatkan Bintang/Rating nyaris sempurna yakni 4,6 dari sekala 5 dan telah mendapatkan 573.000 ulasan/testimoni. Sebagian besar atau hampir semua ulasan di Play Store memberikan kesan positif terhadap aplikasi Ruang Guru. 

Sebelumnya saya tak pernah melihat aplikasi di Play Store yang pendapatkan begitu banyak ulasan atau testimoni positif sebanyak yang didapat Ruang Guru, hal ini membuktikan begitu Impactfullnya aplikasi Ruang Guru bagi usernya.

Kini pengguna platform pendidikan Ruang Guru telah mencapai lebih dari 15 juta pengguna (dan angka tersebut terus tumbuh), memberdayakan lebih dari 300.000 guru, dan menyediakan jasa bimbingan belajar di lebih dari 100 bidang pelajaran.

Dari fakta istimewa di ataslah Senoworker tertarik untuk menggali informasi dan mengenali Ruang Guru jauh lebih dalam, tujuanya untuk mengambil inspirasi/pelajaran dan manfaat, baik dari sisi pendidikan maupun dari sisi kesuksesan membangun start up yang memberi manfaat untuk begitu banyak orang. Senoworker akan menggunakan 5W+1H untuk mendapatkan informasi seholistik dan sekomprehensif mungkin. 

(What) Apa Itu Ruang Guru? (Where) Dimana Saja Kantor Ruang Guru dibangun? (When) Kapan Ruang Guru terbentuk sebagai platform pendidikan digital terbaik di Indonesia? (Who)Siapa pendiri Ruang Guru? (Why) Mengapa Ruang Guru didirikan dan bisa menjadi Bimbingan belajar Online No.1 diindonesia? (How) Bagaimana Ruang Guru dapat memberi kepuasan layanan terhadap usernya?. Tak usah berlama-lama yuk simak ulasannya.

Apa Itu Ruang Guru?

Ruang Guru merupakan Perusahaan atau Start Up Digital yang bergerak di bidang pendidikan No.1 di Indonesia dan terbesar di asia tenggara dengan lebih dari 15 juta user/Pengguna (Siswa-Siswi SD kelas 1 - SMA/SMK kelas 12) dan angka tersebut terus bertumbuh seiring berjalannya waktu. 

Sebagai platform pendidikan terbesar di indonesia, Ruang Guru memberdayakan lebih dari 300.000 Guru profesional dan berpengalaman, menawarkan lebih dari 100 bidang/mata pelajaran, lebih dari 20.000 video penjelasan konsep materi beranimasi dengan durasi kurang dari 10 menit sehingga tidak membosankan, lebih dari 8000 video pembahasan soal dan persiapan ujian, lebih dari 200.000 latihan soal beserta pembahasannya, dan ribuan rangkuman materi pembelajaran beserta infografis.

Ruang Guru memiliki beragam produk layanan pendidikan/fitur-fitur yang dapat kamu pilih di aplikasi mobile Ruang Guru sesuai kebutuhanmu, diantaranya:

1. Layanan Kelas Virtual 

  • Ruang Kelas, Ruang Kelas merupakan sistem kelola Pembelajaran Jarak Jauh [PJJ] untuk memfasilitasi kegiatan belajar mengajar antara Guru dan Murid secara daring/online yang bisa diakses oleh semua pengguna Ruang Guru.
  • Ruang Belajar Plus, Ruang belajar plus merupakan produk Ruang Guru yang memberi layanan Group belajar interaktif sebagai pendukung persiapan belajar melalui live streaming dan didampingi tutor/guru yang selalu standby. Jadi di Ruang Belajar Plus ini kamu akan mendapatkan beberapa fasilitas seperti live streaming pembelajaran, memperoleh modul materi pelajaran yang lengkap dan mendalam, kebebasan memilih topik atau materi pelajaran sesuai kebutuhanmu, tutor yang selalu standby untuk ditanya jika kamu mengalami kesulitan melalui chat, Tryout Online dan fasilitas-fsilitas lainya yang memudahkanmu memahami materi pelajaran dan membantumu mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian sekolah, nasional, maupun sleksi masuk perguruan tinggi. 
2. Platform Ujian Online
  • Ruang Uji, Ruang Uji merupakan fitur Ruang guru yang membantumu mengukur kesiapan dalam menghadapi berbagai macam ujian, baik Ujian Tengah Semester , Ujian Nasional, Ujian Kenaikan Kelas, Ujian Akhir Sekolah, SBMPTN maupun Ujian Kompetensi Guru, dengan mengerjakan soal-soal Tryout, setelah menyelesaikan soal tryout, kamu akan mendapatkan pembahasan soal, analisis kelemahanmu dan peringkatmu.
3. Video Belajar Berlangganan 
  • Ruang Belajar, Ruang Belajar merupakan fitur untuk belajar mandiri secara online yang dikemas dengan konsep petualangan dengan misi-misi belajar (learning journey) yang harus kamu selesaikan. Di Ruang belajar, kamu akan belajar melalui ribuan Video pembelajaran beranimasi yang asik dan mudah dipahami, kamu juga mendapatkan rangkuman pelajaran beserta infografis dan ribuan kuis atau soal latihan yang bisa kamu kerjakan untuk masing-masing sub topik pelajaran, sehingga kamu makin paham dengan materi yang dipelajari. Semua perkembangan hasil aktivitas belajar di Ruang Belajar dapat dilihat di rapor Ruang Belajar. Khusus buat pengguna android, dapat memperoleh video pembelajaran di Ruang Belajar secara offline dalam flashdisk melalui fasilitas USB On The Go (OTG). oh iya di Ruang Belajar kamu juga bisa mendiskusikan materi bersama teman loh.

4. Marketplace Les Privat
  • Ruang Les, Ruang Les merupakan fitur di Ruang Guru yang memfasilitasi kamu untuk mencari dan mengundang guru les privat (baik akademik maupun non-akademik) datang kerumahmu untuk mengajar sesuai waktu yang kamu inginkan.
  • Ruang Les Online, Ruang Les Online merupakan fitur di Ruang Guru yang memfasilitasi kamu untuk melakukan les privat dan kosultasi mengenai soal pelajaran yang dirasa sulit melalui chat room secara online dengan tutor profesional dan berpengalaman dibidangnya. Kamu akan dipandu atau diajari menyelesaikan soal-soal sulit secara praktis, seru, dan asik.
  • Brain Academy, Brain Academy merupakan bimbel/bimbingan belajar dari Ruang Guru yang dilakukan secara online dan offline, adapun tenaga pengajar di Brain Academy merupakan guru-guru terbaik yang didukung kelas soft skill dan fasilitas moderen untuk menopang kegiatan pembelajaran yang efektif, nyaman, dan mengasikan.

6. Fitur-Fitur Lainnya

  • Bank Soal, berisi buanyak kumpulan soal untuk latihan menghadapi ujian maupun untuk meningkatkan pemahaman materi pelajaran.
  • Robo Guru, merupakan mesin jawab otomatis yang bisa kamu gunakan di Ruang Guru untuk membantu menjawab soal-soal sulitmu.
  • Ruang Baca, merupakan fasilitas Ruang Guru yang berisi berbagai macam artikel yang bisa kamu baca untuk mendapatkan tips-tips belajar dan pengembangan diri.
  • Daily Challenge, merupakan fasilitas di Ruang Guru untuk menguji kemampuanmu melalui kuis seru dengan soal-soal seputar mata pelajaran yang berbeda- beda sesuai kelas di profilmu, jika kamu memperoleh skor terbanyak dikelasmu pada hari itu, maka kamu berhak mendapatkan hadiah pulsa 25 ribu rupiah. 
  • Smart Recomendation, fitur ini secara otomatis dapat mendeteksi kelebihan dan kekurangan pelajar pengguna Ruang Guru, setelah itu merekomendasikan konten yang sesuai dengan kemampuannya sehingga belajarpun menjadi jauh lebih efektif.
  • Ruang Guru Adventure, lewat fitur ini setiap pengguna Ruang Guru akan memiliki avatar, dan mereka dapat mengumpulkan poin dari beragam aktifitas yang ada di aplikasi Ruang Guru, apakah menonton video, mengerjakan soal, mengikuti tryout, semuanya dapat dihitung, poin-poin tersebut dapat ditukarkan dengan digital item.


Semua produk layanan pendidikan dari Ruang Guru dapat diakses melalui website maupun aplikasi Ruang Guru yang bisa di Download di Play Store (Android) maupun App Store (iOS).

Sebagai Perusahaan atau Startup digital di bidang pendidikan terbesar di indonesia, Ruang Guru telah berhasil menyabet berbagai penghargaan, diantaranya:

  1. Google Launchpad Accelerator 2016 - Awardee
  2. UNICEF Youth Innovation Forum 2015 - Innovation To Watch
  3. Bubu Awards 2016 - Indonesia's Best Educcation Web
  4. MIT Solve - Solver of MIT
  5. The Atlassian Foundation- Atlassian Price
  6. ITU Global Industry Award
  7. Dan lain sebagainya
Saya ditolak jadi guru ditahun 2013, Ditahun yang sama (tahun 2013) saya punya ide bikin Ruang Guru sama Belva partner saya, dan akhirnya kita mulai merintis. Hingga saat akhirnya sekarang Ruang Guru jadi platform pendidikan terbesar di Asia Tenggara - Iman Usman CPO Ruang Guru (diacara Unlock Metrotv)

Dimana Kantor Ruang Guru Berada?  

PT. Ruang Raya Indonesia (Ruangguru) berkantor pusat di Tebet, Jakarta Selatan dan memiliki kantor cabang di beberapa kota di indonesia yakni Semarang, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Medan. 

Ruang Guru juga memiliki kantor Bimbel Online & Offline Brain Academy di 15 kota di Indonesia, diantaranya: Bogor, Bandung, Jakarta Barat, Jakarta Timur (Duren Sawit dan Rawamangun), Semarang, Malang, Medan, Surabaya, Pekanbaru, Palembang, Bekasi, Denpasar, Depok, dan Cibinong.

Jika memiliki pertanyaan maupun keperluan lainnya kamu bisa menghubungi layanan pelanggan Ruang Guru melalui: 

  • Telepon      :  (021) 2854-3000
  • Email          :  info@ruangguru.com
  • FaceBook   :  https://www.facebook.com/ruanggurucom 
  • Twitter        :  @ruangguru
  • Instagram   : @ruangguru

Semua produk layanan Ruang Guru dapat kamu beli dan akses melalui website maupun aplikasi Ruang Guru secara berbayar, sedangkan untuk pembayaran pembelian kelas ruang guru kamu bisa melakukanya di Alfamart, Indomaret, Kantor cabang Brain Academy, maupun melalui transfer Bank (BCA/BNI/MAndiri/BRI), atau mealui akulaku, OVO, Go-pay dsb.

Kapan Ruang Guru Berdiri Dan Siapa Pendrinya?

Ruang Guru berdiri sejak 1 April 2014 (kalau dirintisnya tahun 2013), berarti di 2020 ini Ruang Guru genap berusia 6 tahun dengan jumlah Pengguna sudah mencapai lebih dari 15 juta pelajar, dan 300.000 guru dan data tersebut terus meningkat dari waktu-keawaktu.

Adamas Belva Syah Devara (CEO Ruang Guru) dan Muhammad Iman Usman (CPO Ruang Guru) merupakan dua figur yang menginisiasi, mengupayakan, dan berjasa atas berdirinya perusahaan digital berbasis pendidikan ini (Ruang Guru).

Secara Singkat dikutip dari wikipedia, Adamas Belva Syah Devara merupakan pemuda kelahiran Jakarta, 30 Mei 1990, ia bukanlah figur yang lahir dari kalangan keluarga kaya raya, jika pun riwayat pendidikanya pernah mengenyam pendidikan double degree di Harvard University (Amerika Serikat) dan Standford University (Amerika Serikat), hal itu merupakan buah dari do'a dan upayanya, bukan karena kemampuan finansial dirinya maupun keluarganya. Sehingga ia berhak menjadi orang indonesia pertama yang mendapatkan beasiswa penuh double degree untuk berkuliah di dua universitas terbaik di dunia (Harvard University & Standford University).

Saat ini beliau menjabat sebagai Direktur Utama/ Chief Executive Officer (CEO) di Ruang Guru, karena keberhasilanya membangun dan mengembangkan perusahaann/Startup Ruang Guru, Adamas Belva Syah Devara dan Iman Usman masuk dalam jajaran 30 pemuda sukses dibawah 30 Tahun untuk sektor teknologi konsumen di Asia oleh Forbes Magazine.

Dalam Membangun Ruang Guru dari nothing menjadi Big something Mas Belva tidaklah sendirian, beliau bekerja sama dengan partnernya yakni mas Iman Usman.

Secara singkat dikutip dari wikipedia, Muhammad Iman Usman adalah pemuda kelahiran Padang, 21 Desember 1991, ia merupakan lulusan FISIP UI dan Universitas Columbia, dan ia dikenal sebagai aktivis sosial, penulis buku "masih belajar", dan pembicara public. Ia juga dikenal sebagai Duta muda ASEAN untuk Indonesia dan Pendiri Indonesia Future Leaders (sebuah organisasi nirlaba yang memiliki fokus pemberdayaan pemuda di indonesia).

Sebagai CPO Ruang Guru, mas Iman Usman sangat erat kaitanya dengan aktifitas pengembangan produk Ruang Guru, Desain produk Ruang Guru, dan sebagainya. Jadi jika kamu merasa mudah, nyaman, asik dan nilai akademikmu meningkat karena menggunakan aplikasi Ruang Guru yang friendly user, maka berterimakasih lah pada mas Iman Usaman dan Kawan-kawan hehe.

Mengapa Ruang Guru Didirikan, Apa alasanya?

Ruang Guru didirakan sebagai upaya menghadirkan solusi untuk merespon ketertinggalan kualitas pendidikan di Indonesia. Dalam acara Kelas Inspiratif Kewirausahaan Sosial di UGM, CEO Ruang Guru Adamas Belva Syah Devara memaparkan bahwa PISA ranking tahun 2018 menunjukan bahwa pendidikan di Indonesia diukur dari score Matematika, Sains, dan Literasi menempati urutan 74 dunia dari 79 negara. 

PISA adalah singkatan dari Program for International Student Assessment atau Program Penilaian Pelajar Internasional yang diselenggarakan tiga tahunan, untuk menguji performa akademis anak-anak sekolah berusia 15 Tahun, dan penyelenggaraannya dilakukan oleh Organisation for Economic Co-Operation and Development (OECD) -Wikipedia

Belva juga menambahkan bahwa hasil penelitian Profesor Lant Pritchett dari Harvard University mengemukakan bahwa, untuk setara dengan negara-negara maju, anak-anak di Jakarta masih membutuhkan waktu 128 tahun hanya untuk mengejar ketertinggalan.

Maka menurut hemat mas Belva devara dan Iman Usman, solusi atas fakta ketertinggalan pendidikan di indonesia adalah teknologi. Karena dengan teknologi, pelajar indonesia dimanapun mereka tinggal/berada, tetap bisa belajar dari guru terbaik, tetap bisa belajar dengan materi paling berkualitas dari Handphonenya, asalkan terhubung dengan Internet, karena alasan itulah Mas Adamas Belva Syah Devara dan Muhammad Iman Usman mendirikan Ruang Guru.

Artinya, mengapa Ruang Guru didirikan adalah untuk menjembatani seluruh anak indonesia dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote agar memiliki akses terhadap guru terbaik, dan materi pelajaran paling berkualitas, sehingga semua memiliki kesempatan yang sama untuk mengenyam pendidikan bermutu.

Tidak Kurang dari 326 Pemerintah Kota/Kabupaten di seluruh Indonesia selama 5 Tahun ini telah bekerja sama dengan Ruang Guru -Iman Usman Dalam Acara 5 Tahun Ruang Guru

Bagaimana Ruang Guru Memberikan Layanan Yang Berkualitas?

Beragam inovasi baik dalam bentuk fitur-fitur di aplikasi Ruang Guru, maupun Inovasi pada aspek lain dari Ruang guru telah terbukti meningkatkan prestasi para siswa-siswi pengguna Ruang Guru dan yang terpenting adalah bisa mengantarkan mereka (siswa-siswi pengguna Ruang Guru) untuk lebih dekat dengan mimpi-mimpinya.

Menurut Iman Usman, hasil survey Internal Ruang guru lebih dari 98% pengguna menganggap belajar di Ruang Guru membantu pemahaman konsep mereka dan kesiapan mereka menghadapi ujian dan 96% pengguna meyakini bahwa belajar di Ruang Guru jauh lebih menyenangkan, jauh lebih menarik dibandingkan belajar di institusi pendidikan lainnya.

Diseluruh Ruang Guru kami selalu memperjuangkan pendidikan berkualitas melalui teknologi. Setiap harinya lebih dari 2000 pegawai Ruang Guru, semuanya anak-anak muda bekerja siang dan malam dengan semangat yang sama berjuang untuk setiap pelajar Indonesia, sehingga dimanapun mereka tinggal, dimanapun mereka berada, apapun latar belakang ekonominya, tetap bisa mengakses pendidikan dengan lebih baik dan lebih terjangkau. 

Karena kami di Ruang Guru percaya bahwa, kita tidak butuh puluhan ataupun ratusan tahun hanya untuk menjadi setara dengan bangsa lain -Belva Devara

Selain data, fakta dan filosofi kerja diatas, untuk memberikan layanan pendidikan yang berkualitas, Ruang Guru melakukan seleksi yang begitu ketat untuk siapa saja yang ingn menjadi pengajar di Ruang Guru. 

Menurut pemaparan mas Belva Devara dalam acara Indonesia Morning Show Net TV , bahwa proses perekrutan Guru di Ruang Guru itu susah banget, mulai dai tes tulis, selanjutnya misal dari 100 yang mengikuti tes tulis hanya 3 atau 5 orang yang diundang untuk Interview, setelah interview proses selanjutnya adalah melakukan micro teaching atau simulasi mengajar di depan papan tulis, setelah lolos selanjutnya micro teaching lagi di depan kamera, karena nantinya memang sang guru akan mengajar didepan kamera untuk dibuat video pembelajaran beranimasi.  

Jika Kamu tertarik membeli kelas atau tertarik menjadi pengguna Ruang Guru dan nggak tau bagaimana caranya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Download gratis aplikasi Ruang Guru di Play Store (android) atau App Store (IOs)
  2. Pilih Daftar/Masuk, lalu masukan alamat email, nomor handphone, jenjang dan kelasmu, serta kota tinggalmu.
  3. Setelah akun dibuat selanjutnya tekan menu Pembelian 
  4. Pilih jenis langganan (ruangbelajar wow, ruangbelajar Plus, Brain Academy, ruanglesonline, ruangles, atau Ruangguru On-The-Go) 
  5. Pilih kelas dan Kurikulum 
  6. pilih paket berlangganan (9 bulan, 9 bulan SMA+SBMPTN, 1 tahun, 1 tahun SMA+SBMPTN, 2 Tahun, 3 Tahun, atau 1 Bulan)
  7. Cek kembali paket yang kamu pilih sudah sesuai dengan yang kamu mau atau tidak, jika sudah sesuai maka klik tombol Bayar sekarang
  8. Pilih menu masukan Kode diskon/mitra, dan masukan kode diskon/mitra kamu. Kalau tidak punya kode diskon/mitra, kamu bisa menggunakan kode mitra SENOWORKER untuk memperoleh diskon sampai 60%
  9. klik tombol Pilih metode pembayaran (minimarket: Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Alfa express, Lawson, Dan+Dan. Pos Indonesia, Transfer Virtual Account: Bank BRI, Bank BCA, Bank Mandiri, Bank BNI, Permata Bank, Transfer Bank: Bank BCA, Kartu kredit, Cicilan tanpa kartu: Akulaku, Kredivo, Kredit Pintar, E-Wallet: OVO, Gopay, Dana, Pembayaran Instant: e-Pay BRI, Danamon Online Banking, Kantor Cabang Brain Academy)
  10. Selanjutnya ikuti petunjuk pembayaran yang ditampilkan, dan pastikan kamu membayar sesuai nominal yang tercantum.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.