Apa Itu CRM (Customer Relationship Management)?

Apa itu Customer Relatioship Management (CRM) - secara sederhana CRM merupakan strategi management dalam bisnis untuk memelihara dan meningkatkan komunikasi dan pemasaran atara perusahaan dan customer maupun calon customer

Dengan menjalankan strategi management CRM ini diharapkan perusahaan dapat memperoleh peningkatan pendapatan, profitabilitas, loyalitas pelanggan, pelanggan baru, dan pengurangan berbagai macam biaya.

CRM terdiri dari kombinasi beberapa aspek pendukungnya seperti kebijakan, proses, strategi dan teknologi menjadi satu kesatuan yang saling menopang satu sama lain, tujuannya adalah untuk melakukan komunikasi dengan pelanggan maupun calon pelanggan dan menelusuri informasi pelanggan maupun calon pelanggan.

Sesuai dengan aktifitas yang dijalankannya, strategi CRM ini memiliki berbagai manfaat diantaranya seperti membangun customer intimacy (hubungan yang erat antara perusahaan dan pelanggan), menyimpan, mengolah dan mengintegrasikan data pelanggan untuk proses penjualan, pemasaran, peningkatan layanan pelanggan secara efektif, dan mendapatkan pelanggan baru.

Mengapa CRM ini kerap digunakan oleh para tenaga penjualan dan pemasaran? jawabanya adalah CRM dapat membantu perusahaan untuk merampingkan atau menyederhanakan alur kerja bisnis sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan produktifitas dengan optimal.

Selain dapat merampingkan alur bisnis, meningkatkan efisiensi dan produktifitas tenaga penjualan dan pemasaran, CRM juga dapat digunakan untuk melakukan tracking atau pelacakan posisi tim sales, dan live check-in mengguakan GPS.

Baca Juga: 

Mengenal Siapa Itu Copywriter dan Tugasnya Secara Singkat

Pengetahuan Dasar Digital Marketing Untuk Pemula


Tugas-Tugas CRM Associates

Setelah mengetahui secara singkat apa itu CRM dan fungsinya, lantas apa tugas-tugas yang harus jalankan dan diselesaikan saat kita bekerja di posisi CRM Associate? berikut beberapa tugas kerja CRM Associate di perusahaan:
  • Melakukan insisiatif dan analisisi CRM untuk meningkatkan keterlibatan, konversi calon pelanggan menjadi pelanggan, dan retensi pelanggan/ menjaga pelanggan agar tidak kelain hati
  • Menetapkan alur kerja mulai dari akuisisi data, segmentasi hingga penugasan petugas penjualan lebih tepatnya telesales
  • Berkolaborasi dengan pemangku kepentingan yang berbeda untuk mengidentifikasi masalah bisnis, memahami persyaratan project, dan ruang lingkup project dalam perspektif CRM
  • Bekerjasama dengan tim teknologi dan data untuk setiap project peningkatan permintaan pelanggan
  • Menanganani operasi harian CRM
  • Dan lain sebagainya
Adapun karakteristik dan skill penunjang yang harus dimiliki agar tugas-tugas CRM dapat berjalan dengan semestinya sesuai rencana dan target yang telah disusun, diantaranya seperti:
  • Memiliki minat yang tinggi terhadap data, dan mampu berpikir logis sistematis dengan baik
  • Dapat bekerja dengan berbagai macam tim
  • Memiliki pengalaman sebagai sales dan marketing akan menjadi bekal yang bagus
  • Mampu mengoperasikan perangkat CRM seperti Hubspot, SalesForce, Moengange, untuk mempermudah pekerjaan
  • Memiliki keterampilan SQL akan sangat membantu pekerjaan
Download E-Book Cara Menjalankan List Building & Email Marketing, Kumpulkan Database Secara Digital. By Andreas Agung Di Sini!

Demikian beberapa tugas dan karakteristik yang harus kamu jalankan dan miliki sebagai seorang CRM Associates, disetiap perusahaan tugas yang harus dilakukan dan karakteristik tenaga kerja yang harus dimiliki berbeda-beda, menyesuaikan sektor bisnis apa yang menjadi konsentrasi prerusahaan. Tugas dan karakteristik SDM untuk posisi CRM diatas merupakan posisi CRM Associate di RuangGuru.

Baca Juga: 

Fitur-Fitur Dasar CRM

CRM sebagi sistem teknologi, dapat digunakan untuk melakukan manajemen kontak dan manajemen peluang untuk menemukan pelanggan baru maupun lama, serta melakukan pencarian secara instan history komunikasi yang pernah terjalin sebelumnya. adapun ftiur-fitur dasar yang terdapat di CRM diantarnya:
  • Laporan Dashboard CRM, berisi laporan perkiraan penjualan, laporan listing aktivitas ad-hoc, tingkatkan akses wawasan CRM anda agar CRM tidak hanya sekedar sistem manajemen kontak saja.
  • Pelacakan Tim Penjualan dan KPI, berfungsi untuk melakukan tracking posisi tim penjualan menggunakan GPS.
  • Otomasi Bisnis, Fitur ini dapat digunakan untuk melakukan tagihan otomatis, promosi otomatis, penjualan otomatis, dan berbagai aktifitas bisnis lainnya secara otomatis.
  • Integrasi, berguna dalam meneruskan data antar sistem yang ada, menyingkronkan dan memperbaharui data pelanggan (kontak, catatan, pesanan penjualan, Faktur/invoice penjualan, Kunjungan klien/meeting klien ).
  • Integrasi Pemasaran/Whatsapp & Obrolan  
selain fitur-fitur dasar, dalam mengimplementasikan penggunaan CRM agar menghasilkan output yang optimal maka harus memperhatikan tahapan-tahapan utama yang harus dilakukan CRM, yakni:
  1. Ancpuire (Mencari dan mendapatkan pelanggan baru), dengan melakukan penawaran, promosi dan pemberian layanan prima/memuaskan.
  2. Enchance (menambah nilai pelanggan/menjaga hubungan baik dengan pelanggan), dengan cara memberikan pelayanan keluhan pelanggan dengan baik, efektif, dan solutif, bila perlu tingkatkan pelayanan. 
  3. Retain (Mempertahankan pelanggan agar tetap setia menggunakan produk atau layanan perusahaan), dengan cara memberikan service maksimal. 
Baca Juga:

 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.