Tips Sukses Menjawab Pertanyaan Krusial Saat Intervew Kerja



Pertanyaan-pertanyaan krusial saat wawancara kerja bukan sekedar obrolan biasa yang tidak memiliki tujuan loh. Ini penting untuk kamu ketahui agar tidak menjawab setiap pertanyaan dengan asal menjawab. 

Tahapan interview kerja menjadi tahapan penting saat perusahaan melakukan rekruitment tenaga kerja baru. 

Jawabanmu saat interview digunakan untuk menilai kelayakan dan kesesuaian calon pegawai dengan kriteria yang sudah ditetapkan dan value perusahaan, sampai akhirnya memutuskan menerimamu atau tidak sebagai pegawai baru. 

Jawabanmu atas pertanyaan krusial pewawancara bisa menggambarkan bagimana karakteristikmu, prinsip hidupmu, seberapa luas wawasanmu, kemampuan komunikasimu, attitudemu, keseriusanmu untuk bekerja, sikapmu saat menghadapi situasi tertentu, dll.

Oleh karena itu persiapkan dirimu untuk menghadapi interiew kerja agar bisa mencermati dan menjawab dengan jelas dan berbobot pertanyaan-pertanyaan kriusial interviewer berikut ini:

1. Ceritakan/Perkenalkan Diri Anda

Perkenalan seperti apa yang harus dilakukan saat dipersilahkan memperkenalkan diri pewawancara atau interviewer? 

Pertanyaan pembuka ini terkesan simple, tapi ini adalah momen penting unuk memperkenalkan dirimu lebih jauh sperti apa.

Sampaikan profil singkatmu seperti nama, usia, background pendidikanmu dan kesibukanmu (Organisasi, perwakilan sekolah untuk event tertentu, dll) saat masih sekolah atau kuliah,kemudian sampaikan kelebihan/skillmu, Pencapaian hidup (target/tujuan yang sudah tercapai), pengalaman kerjamu jika ada, dan kesibukanmu saat tidak memiliki pekerjaan.

Intinya Jadilah diri sendiri, menjawab dengan jujur, dan sampaikan informasi positif tentang dirimu secara runtut dan jelas, yang dengan itu kamu akan terlihat orisinil, mengenal diri sendiri dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Jika kamu bisa menjawab dengan jujur dan baik pertanyaan pertama ini, percaya dirimu akan naik dan rekruiter akan mulai tertarik denganmu untuk menjawab pertanyaan selanjutnya, seperti pertanyaan: 

  • Apa kelebihanmu?
  • Apa kekuranganmu? 
  • Apa yang kamu sukai
  • Apa yang tidak kamu sukai?
  • dan pertanyaan lain yang berhubungan dengan dirimu sendiri

2. Apa Yang Anda Ketahui Tentang Perusahaan Ini?

Jawaban apa yang harus saya berikan saat ditanya apa yang kamu ketahui tentang perusahaan ini?
Jika dipertanyaan pertama rekruiter ingin mengetahui siapa dirimu, seberapa kamu mengenal dirimu sendiri. Dipertanyaan kedua ini perusahaan ingin mengetahui seberapa mengenal kamu dengan perusahaan yang kamu lamar.

Jangan menjawab asal-asalan tanpa data dan riset sebelumnya. Jika jawabanmu tidak sesuai dengan perusahaan, kamu akan dinilai tidak profesional, hanya ingin kerja cari duit doang dan tidak memiliki ketertrikan maupun kepedulian terhadap perusahaan.

Oleh karena itu untuk menjawab pertanyaan nomor dua ini kamu harus melakukan riset terlebih dahulu. 

Melalui sumber-sumber terpercaya seperti Website resmi perusahaan untuk rujukan utama, rujukan pelengkap melalui media sosial perusahaan seperti LinkedIn, twitter, Instagram, rivew karyawan/mantan karyawan di blog dll.

Catatan, tidak semua informasi yang kamu peroleh di dunia maya benar, maka hati-hatilah dan lakukan cek and recek dengan mencari info tidak hanya dari satu sumber saat menemukan info janggal/menarik.

Semakin banyak dan akurat data, semakin baik kamu menjawab pertanyaan yang satu ini, dan kamu akan lebih mudah dan lancar menjawab pertanyaan yang berhubungan selanjutnya, Seperti: 
  • Kenapa kamu melamar di perusahaan ini?
  • Kenapa kamu melamar posisi yang kamu inginkan itu?
  • Kenapa perusahaan harus menerimamu?
  • dan pertanyaan lain yang berhubungan dengan sudut pandang perusahaan

3. Apa Rencana Hidup Anda Ditahun-Tahun Mendatang/ 5 Tahun Mendatang?

Jawaban seperti apa yang harus diberikan saat ditanya, apa rencana hidup anda 5 tahun kedepan?
Pertanyaan ini untuk menggali kemungkinan masa kerja anda diperusahaan akan lama atau hanya sebentar jika diterima bekerja. 

Sehingga peristiwa keluar masuk karyawan (turn over) secara singkat dapat ditekan. Jangan sampai baru kerja hitungan bulan sudah resign, Jika karyawan dalam hitungan bulan sudah resign dan terjadi berulang-ulang setiap karyawan baru bekerja, hal itu akan mempengaruhi reputasi perusahaan.

Jawablah pertanyaan nomor 3 ini dengan jujur, orisinil sebagaiman dirimu, dan realistis. sesuai dengan posisi kerja yang kamu lamar diperusahaan tersebut dan rencana karir yang kamu coba realisasikan setahap-demi setahap.

Semakin jujur, orisinil dan realistis jawabanmu akan semakin mempermudah kamu menjawab pertanyaa-pertanyaan selanjutnya seperti:
  • Berapa gaji yang kamu inginkan?
  • Kenapa anda mengundurkan diri dari perusahaan sebelumnya? (Jika memiliki riwayat mengundurkan diri)
  • Apakah anda pernah terlibat konflik dipekerjaan? bagaimana anda menyikapinya?
  • dan pertanyaan lainya yang berhubungan dengan sudut pandang rencana karirmu

4. Sampai Sini Ada Yang Mau Ditanyakan?

Apa yang harus ditanyakan saat dipersilahkan bertanya oleh interviewer/pewawancara kerja?
Saat ditanya seperti di atas atau dipersilahkan bertanya, jangan pernah menjawab "cuku tidak ada yang ditanyakan". 

Jika kamu tidak memiliki pertanyaan tentang perusahaan dan posisi yang kamu lamar, kamu akan terkesan tidak peduli dan tidak berupaya mengenal perusahaan calon tempat kerjamu dan posisi yang kamu lamar, yang kamu pedulikan seakan-akan hanya uang-uang dan uang.

Bertanya tentang perusahaan adalah tanda kamu tertarik, peduli dan bersungguh-sungguh ingin bekerja di perusahaan tersebut. Kamu bisa tanyakanlah hal-hal seperti:
  • Seperti apa lingkungan kerja diperusahaan
  • Bagaimana budaya komunikasi yang berlaku diperusahaan
  • Apa yang dilakukan perusahaan untuk terus bertahan dari awal sampai saat ini
  • Ada atau tidak pelatihan/training dari perusahaan untuk meningkatkan kualitas/kompetensi karyawan
  • Karakter seperti apa yang dibutuhkan untuk mengisi posisi yang kamu lamar
  • Apa yang dianggap berhasil dan gagal diposisi kerja yang kamu lamar
  • Bagaimana tantangan-tntangan yang ada diposisi yang kamu lamar
  • Alur penerimaan karyawan baru ini seperti apa, apa saja tahapanya
  • Kapan kamu mendapatkan informasi keputusan hasil interview tersebut

 



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.