Tips Interview Kerja - Persiapan H-1 dan Saat Hari H


Mendapat panggilan Interview kerja tanpa punya pengalaman kerja? rasanya itu campur aduk !  antara seneng dan khawatir. 

Seneng dapat peluang kerja tapi Khawatir juga jika gak bisa ngomong di depan HRD, gak bisa jawab pertanyaan HRD dengan tepat, gak diterima kerja padahal sebagai freshgraduate lagi butuh kerja, atau takut kembali mengalami kegagalan karena sudah beberapa kali interview tak kunjung mendapatkan hasil, dsb.

SenoWorker paham posisi kalian, berhentilah khawatir dan takut. mulailah baca tips interview kerja dari SenoWorker mulai dari persiapan sampai saat hari H.

Semoga bisa sedikit membantu kalian sebagai freshgraduate dalam mejalani interview kerja yang baik.

1. PERSIAPAN (Sebelum hari H)

  • PENGETAHUAN

Up grade pengetahuanmu tentang perusahaan dimana kamu akan melakukan interview kerja, hal ini seharusnya sudah kamu lakukan sebelum melamar kerja (sebaiknya). 

Mulai dari lokasi perusahaan berada dimana, pengetahuanmu mengenai lokasi perusahan memiliki beberapa manfaat, seperti: kamu dapat menghitung estimasi waktu keberangkatan, sehingga bisa dengan tepat menentukan kapan seharunya berangkat dari rumah agar tidak terlambat. 

Dengan mengetahui lokasi perusahaan, kamu juga dapat menilai bahwa perusahaan yang akan kamu datangi benar-benar ada alias bukan fake. 

Selain lokasi, cari tahu dan kenali perusahaan yang akan kamu datangi itu perusahaan yang seperti apa, track recordnya bagaimana, bergerak di bidang apa, dsb. 

Hal ini membantumu untuk bertanya saat diberi kesempatan bertanya oleh HRD, jika kamu dapat bertanya banyak hal tentang perusahaan tersebut, kamu akan dinilai sebagai calon karyawan yang potensial untuk di terima kerja. 

Selain mengupgrade pengetahuan tentang perusahaan tempatmu melakukan interview. up grade juga wawasanmu seluas luasnya mengenai posisi yang kamu lamar dan wawasan tetang dirimu sendiri (keterampilanmu dan pengalamanmu) dan tentang apa saja. hal ini akan menjadi nilai plus untukmu sebagai personal branding. 

  • PERLENGKAPAN

Persiapkan segala perlengkapan yang akan kamu gunakan ketika hari H intervew nanti tiba. Mulai dari alat tulis seperti pena, pensil, penghapus, rautan pensil (jika ada tes tulisnya). 

Kemudian map dokumen yang berisi berkas-berkas penting yang harus dibawa saat interview seperti CV, surat lamaran kerja, foto formal, dll (menyesuaikan berkas-berkas yang diminta perusahaan). 

Kemudian Pakaian bersih dan formal seperti celana bahan, gesper/sabuk, kemeja, kaos kaki, sepatu pantofel hitam, dll (menyesuakan pakaian yang diperbolehkan oleh perusahaan).  

Cek kondisi dan kelengkapan kendaraan seperti bensi, lampu, spion, SIM, STNK (jika menggunakan kendaraan pribadi) dan uang kecil biar mudah dan cepat tanpa lam-lama nunggu kembalian (Jika menggunakan kendaraan umum). 

Obat pribadi jika memiliki pernyakit tertentu yang mengharuskan meminum obat secara rutin atau pernyakit yang dapat kambuh sewaktu-waktu. Perlengkapan lainnya seperti gadget dan dompet. 

  • FISIK

Fisik disini bisa diartikan sebagai kebugaran, kebersihan, dan kerapihan. Kamu harus jaga kebugaran tubuh dengan minimal tidak bergadang menjelang hari H iterview, sebab istirahat yang cukup akan membuatmu merasa fresh, konsentrasi tinggi, dan tidak loyo. 

Akan fatal rasanya saat kamu terlihat kusut, ngantuk, dan loyo karena kurang tidur saat hari H tiba. 

kemudian kebersihan mulai dari kuku jangan sampai panjang apalagi item, rambut kalo bisa dicukur rapih, paikaian yang kamu kenakan tak harus mahal minimal bersih dan disetrika, sebab hal kecil ini akan mempengaruhi kepercayaan dirimu dan penilaian HRD nantinya. Persiapkan itu semua dengan baik sehingga pas hari H secara fisik semuanya siap.

  • SPIRITUAL DAN MENTAL

Banyak-banyak berdo’a sebab sebagai manusia kita hanya bisa berencana dan berupaya, mengenai hasil Tuhan lah yang menentukan. maka berdo’alah minta diberi kesehatan dan kekuatan. Dengan itu mudah-mudahan kamu akan merasa lebih tenang dan siap.

Secara mental buanglah sugesti-sugesti negatif, kehawatiran-kehawatiran yang berlebihan. Tanamkan dalam diri bahwa kamu telah berdoa, telah mempersiapkan semua dengan sebaik-baiknya. 

Maka tak ada alasan untuk tidak percayadiri dan tak ada alasan untuk tidak siap menyongsong hari H yang kamu idam-idamkan dan kamu tunggu-tunggu itu.

2. PERSIAPAN (Hari H)

  • KESIAPAN

Mandi, rapih, bersih, wangi, nafas segar, sarapan, cek and recek semua perlengkapan dan Berdoa yang utama. Selamat menikmati buah pertama dari segala persiapan yang kamu lakukan di hari sebelumnya dengan berangkat tanpa buru-buru, segar bugar tanpa ada barang-barang penting tertinggal Dan selamat berjuang di sesi Intervew. 

3. SAAT INTERVIEW

  • MENTAL

Jangan minder ! percaya dirilah ! kamu telah melakukan berbagai macam usaha, persiapan dan do’a. jangan memandang rendah dirimu, kamu layak diperlakukan baik. Fokus jangan sampe kendor alias jangan ngelamun. 

Kamu mungkin tidak sempurna tapi pilihlah untuk tetap semangat dan cerah. Jika peserta interview lebih dari satu dan kamu ngantri menunggu giliran maka rilekslah dengan mengobrol ringan dengan peserta interview lainya yang sedang mengantri juga sebagai penyesuaian dirimu dengan lingkungan.

  • ATTITUDE

Tidak telat datang, Ketuklah pintu sebelum masuk ruangan iterview jangan masuk sebelum dipersilahkan masuk. setelah masuk sapalah dan jabat tangan HRD dengan sopan dan ramah. Jangan duduk sebelum dipersilahkan duduk. 

Duduk dengan tegak jangan bungkuk atau menyeder kesandaran kursi. Jangan terlalu banyak melakukan gerakan-gerakan tidak perlu. 

Tatap mata lawan bicara saat mendengarkan maupun berbicara. Berikan feed back atau respon saat lawan bicara menyampaikan sesuatu hal ini mengisaratkan kamu tertarik dengan apa yang dibicarakan, fokus jangan melamun. 

Tetap rileks tapi tetap sopan jangan over confidence. Sebagai fresh graduate saat ditanya mau gajih berapa jangan pernah nembak gajih terlalu tinggi atau terlalu rendah.

  • VERBAL

Saat dipersilahkan memperkenalkan diri, berceritalah dengan memberi tahu data dirimu, pengalamanmu, keahlian atau kelebihanmu, dan pengalamanmu. Berbicaralah dengan jelas dan lantang. Jangan banyak bilang emmm, eeee, hal itu memberikesan kalau kamu tidak siap.

  • PENGETAHUAN

Tampakan bahwa kamu sudah mencoba mengenali perusahaan dengan mengetahui berbagai hal tentang perusahaan minimal tahu nama perusahaaan, bergerak dibidang apa, dan sedikit sejarahnya, begitu juga dengan posisi yang kamu lamar, tahu apa tugasnya dan tanggung jawabnya kemampuan apa yang harus dimiliki.

Demikian TIPS INTERVEW KERJA YANG BAIK UNTUK FRESH GRADUATE (Lulusan Baru) yang bisa SenoWorker bagikan. Kurang lebihnya mohon maaf. Semoga bermanfaat!


 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.