14 Perguruan Tinggi Kedinasan Favorit. LULUS Auto PNS


Ada Nggak sih jalur lain jadi PNS selain jalur tes CPNS? Atau ada nggak sih kuliah yang auto PNS kalo udah lulus?

Tentu saja ada jalur lain menjadi PNS selain Jalur tes CPNS yang biasa kita ketahui. Yakni melalui pendidikan di Perguruan tinggi Kedinasan (PTK) yang bisa kamu pilih setelah lulus SMA/MA/SMK/Sederajat. 

PTK ini dibawahi departemen selain departemen pendidikan, artinya memiliki ikatan dengan lembaga pemerintahan sebagai penyelenggara pendidikan, untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia diberbagai lembaga pemerintahan seperti Bea Cukai, KAI, BMKG, dll.
Ini lah yang membuat lulusan PTK langsung kerja alias auto PNS. 

Buat kamu yang belum lama lulus SMA dan mau jadi PNS lewat jalur pendidikan di PTK, bisa coba mendaftar di berbagai Perguruan Tinggi Kedinasan yang sudah SenoWorker susun daftarnya dan ulas secara singkat dibawah ini buat kalian, semoga manfaat!

1. STPN (Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional)

Sekolah Tinggi Pertanahan nasional yang berlokasi di Jl. Tata Bhumi no.5, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta ini merupakan salah satu sekolah tinggi kedinasan (PTK) tertua di Indonesia. 

Di STPN kalian akan digembleng sebagai taruna dan diarahkan menjadi lulusan yang memiliki pengetahuan, keahlian, keterampilan, keprofesionalitasan, dan penguasaan teknologi di bidang pengukuran dan penataan kadastral

Ngomong-ngomong apa sih itu kadastral? Menurut kamus besar bahasa indonesia Kadastral berarti “sesuai dengan batas-batas tanah yang ditentukan oleh badan pencatat tanah milik” .

Artinya setelah lulus dari STPN ini kalian akan bekerja dibidang ketata ruangan dan agraria di lembaga Kementrian Agraria Dan Tata Ruang/Badan Petanahan Nasional.  

2. STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara)

Sekolah kedinasan yang satu ini berada di Sumur Batu, Babakan Madang,Kabupaten  Bogor, Provinsi Jawa Barat.

“Itelijen merupakan ilmu yang bisa dipelajari” demikan lah ungkapan seorang purnawirawan TNI Dr. A.M Hendropriyono yang menjadi cikal bakal berdirinya Sekolah Tinggi Intelejen Negara, yang melahirkan intel-intel berkualitas tinggi yang cendikia dan waskita, siap siaga diterjunkan melaksanakan tugas rahasia negara. 

Dengan menjadi Taruna/Taruni di STIN ini Ternyata kita bisa jadi “James Bond” di dunia nyata nantinya, wah wah wah keren sekaligus ngeri ngeri sedap sih hehe.

Intelijen (bukan intelejen, banyak orang keliru) secara bahasa adalah orang yang meng amat-amati seseorang untuk memperoleh informasi dan tentunya kedinasanya dilakukan secara rahasia. 

Sumber daya manusia utama/pegawai Badan Intelijen Negara (BIN) ya datang dari lulusan Sekolah Tinggi Intelijen Negera ini, yang nantinya mungkin bisa ditempatkan juga sebagai intel Polri, intel TNI, Investigator, Analis Intelijen, dll. 

Berminat menjadi taruna/taruni STIN? Siapkan fisik dan mental dari sekarang.

3. IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri)

Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), adalah lembaga pendidikan tinggi didalam lingkungan kementrian dalam negeri republik indonesia yang berada di jl. Raya Bandung-Sumedang Km 20 Jatinangor, Sumedang. 

Praja IPDN diharapkan nantinya mampu memegang mandat sebagai kader pemerintah ditingkat daerah atau ditingkat pusat dengan baik, namun Secara eksplisit Lulusan IPDN nantinya bisa menjadi camat atau bekerja di lingkungan Pol.PP, tapi yang jelas lulusan IPDN sudah pasti PNS.

For your information (Fyi), dulunya Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) bernama Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN), yang dikemudian hari Presiden SBY menggabukan STPDN dengan Iinstitut Ilmu Pemerintahan (IIP) berdasarkan Keppres No. 87 Tahun 2004. sejak Keppres No. 87 Tahun 2004 dikeluarkan, STPDN berubah menjadi IPDN.

4. STTT (Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil)

Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil Bandung adalah lembaga pendidikan tinggi dibawah naungan kementrian perindustrian republik Indonesia. 

Berbeda dengan Sekolah Tinggi Kedinasan lainya, di STTT seragam di tiadakan alias bebas tapi sopan kaya kuliah di kampus-kampus pada umumnya. untuk jurusan yang tersedia di kampus ini ada 4 dan hanya berkutat diseputar bidang-bidang teksitil seperti: 
  • Teknik Tekstil
  • Kimia Tekstil
  • Produksi Garment, dan 
  • Fashion Design
Mana yang kamu minati? Semuanya keren kok. Oh iya namanya sekolah kedinasan lulus dari STTT kamu otomatis jadi PNS, ini sih yg paling asik hehe.

5. STP (Sekolah Tinggi Perikanan)

Sekolah Tinggi Perikanan adalah sekolah kedinasan yang diselenggarakan oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk mempersiapkan tenaga ahli dan profesional dibidang perikanan laut maupun darat. 

Untuk menempa fisik, Intelektual dan mental, para taruna/taruni Sekolah Tinggi Perikanan dididik menggunakan sistem semi militer, dengan berbagai pilihan program studi dan jurusan seperti:
  • Jurusan Teknologi Penangkapan Ikan yang terdiri dari Program Studi Teknologi Penangkapan Ikan (TPI), Prodi Permesinan Perikanan (MP) 
  • Jurusan Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan terdiri dari satu prodi yakni program studi Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan (TPH), 
  • jurusan Teknologi Pengelolaan Sumberdaya Perairan Terdiri dari dua program studi yakni prodi Teknlogi Akuakultur (TAK) dan prodi Teknologi Pengelolaan Sumberdaya Perairan (TPS), 
  • jurusan Penyuluhan Perikanan yang terdiri dari satu Program studi yakni prodi Penyuluhan Perikanan (PP).
Berbeda dengan PTK yang lain, STP memiliki 5 kampus dilokasi terpisah diantaranya: 
  • Kampus Pasar minggu Jakarta selatan sebagai kampus pusat, kemudian 
  • Kampus Pantai (Out Station) di Serang Banten, 
  • Kampus Cikaret Bogor, 
  • Kampus Konservasi di Wakatobi, 
  • Kampus Karawang di Karawang Jawa barat. 

6. STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik)

Politeknik Statistika STIS adalah perguruan tinggi kedinasan yang berada di lingkungan Badan Pusat Statistik. 

Secara fungsional Politekni Statistika dibina oleh Kepala Badan Pusat Statistika, sedangkan Secara teknis akademik dilaksanakan oleh mentri di kementrian riset, teknologi dan pendidikan tinggi (Kemenristekdikti). 

Buat kamu yang suka statistika dan mau jadi PNS dibidang ini, Politekni Statistika STIS cocok sekali buat kamu, Sebab memiliki ikatan dinas di BPS (Badan Pusat Statistika), Setelah lulus langsung diangkat menjadi CPNS Golongan II-c. Ada berbagai pilihan program studi yang bias kamu pilih seperti: 
  • D-III Statistika 
  • Program Studi D-IV Statistika
  • Program Studi Komputasi Statistik

7. STSN (Sekolah Tinggi Sandi Negara)

Sekolah Tinggi Sandi Negara diselengarakan oleh Badan Siber dan Sandi Negara Republik Indonesia, untuk memenuhi kebutuhan sumberdaya manusia (SDM) sebagai aparatur siber dan sandi yang cakap dan memiliki reputasi internasional. 

Nantinya, lulusan STSN akan menjadi garda terdepan menangkal atau melakukan penangulangan berbagai ancaman siber seperti, spionase elektronik pihak asing, peretasan fasilitas negara, pencurian data rahasia dll. 

Selama proses pendidikan di STSN,, Taruna/Taruni tidak dipungut biaya alias ditanggung negara, plus mendapatkan uang saku dan saat lulusan langsung ditempatkan di lembaga sandi negara sebagai seorang pegawai negri.

Adapun program studi yang dimiliki Sekolah Tinggi Sandi Negara anatar lain:
  • Rekayasa Kriptografi
  • Rekayasa Perangkat Keras Kriptografi
  • Rekayasa Keamanan Siber
  • Manajemen persandian
  • Teknik Persandian

8. AAU (Akademi Angkatan Udara)

Akademi Angkatan Udara adalah pendidikan TNI Angkatan Udara di D.I Yogyakarta, Yang dipimpin seorang Gubernur Akademi Angkatan Udara. Secara Keorganisasian AAU termasuk kedalam struktur organisasi TNI Angkatan Udara. 

Penyelenggaraan pendidikan AAU dimaksudkan untuk mencetak perwira-perwira angkatan udara yang berkarakter, berintegritas, profesional, moderen, dan berwawasan kebangsaan.

Lulusan AAU dilantik oleh presiden Republik Indonesia sebagai Perwira Remaja Angkatan Udara berpangkat letnan dua (Letda), sekaligus menyandang gelar keaakademikan sebagai Sarjana Terapan Pertahanan atau S.tr. (Han). 

Akademi Angkatan Udara yang berada di D.I Yogyakarta ini memiliki beberapa Program studi, diantaranya:
  • Teknik Aeronautika Pertahanan
  • Teknik Elektronika Pertahanan
  • Teknik Manajemen Industri Pertahanan
Selain Angkatan Udara, Angkatan Darat pun Memiliki Akademinya Sendiri yaitu AKMIL (Akademi Militer), Angkatan Laut dengan Akademi Angkatan Laut (AAL) nya, Dan Kepolisian Republik Indonesia dengan Akademi Kepolisian (AKPOL) nya. Yang bisa kalian telusuri lebih lanjut informasinya sesuai minat kalian.

9. STIP (Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran)

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) atau yang dulu bernama Akademi Ilmu Pelayaran adalah perguruan tinggi kedinasan dibawah naungan kementrian perhubungan. 

Berkantor pusat di cilincing Jakarta utara. Tinggal diasrama adalah mutlak saat kamu mengenyam pendidikan di STIP ini. Ada tiga program studi D-IV yang tersedia, diantaranya:
  • Program Studi Nautika
  • Program Studi teknika
  • Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Pelabuhan
Lulusan STIP memiliki kesemptan yang lebih unggul untuk menempati beberapa posisi di beberapa Instansi seperti: Perwira Pelaut, Pegawai Negeri Sipil, Anggota TNI/POLRI, atau bahkan Perusahaan Pelayaran Sewasta, baik nasional maupun Internasional.

10. STMKG (Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi Geofisika)

Sekolah Tinggi Metorologi Klimatologi  Geofisika merupakan sekolah kedinasan yang berada di Tangerang Selatan, Banten. 

Dibawah naungan Badan Meteorolog, Klimatologi, dan geofisika (BMKG), STMKG mempersiapkan sumberdaya manusia unggul untuk menjadi Aperatur Sipil Negara (ASN), untuk mendudukui jabatan fungsional pengamat meteorologi dan geofisika (PMG) di Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). 

Biaya pendidikan selama pendididkan ditanggung negara alias gratis namun tidak disediakan asrama. Program studi yang tersedia ada 4 yakni:
  • Meteorologi
  • Klimatologi
  • Geofisika
  • Instrumentasi

11. Poltekim (Politeknik Imigrasi)

Politeknik Imigrasi (POLTEKIM) adalah sekolah kedinasan yang ada di Kota Depok, Jawa Barat. 

Beroperasi dibawah naungan kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. POLTEKIM menyelengarakan pendidikan kedinasan terutama dalam aspek penerapan keahlian dan ilmu pengetahuan dibidang keimigrasian. 

4 program studi yang dapat dipilih di POLTEKIM, diantaranya:
  • Hukum Keimigrasian
  • Administrasi Keimigrasian
  • Manajemen Teknologi Keimigrasian
  • D3 Keimigrasian

12. Poltekip (Politeknik Ilmu Pemasarakatan)

Politeknik Ilmu Pemasarakatan (POLTEKIP) adalah sekolah kedinasan yang ada di Kota Depok, Jawa Barat. 

Beroperasi dibawah naungan kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. POLTEKIP menyelengarakan pendidikan kedinasan terutama dalam aspek penerapan keahlian dan ilmu pengetahuan dibidang Pemasarakatan. 

Mempersiapkan Taruna/Taruni terbaik untuk ditempatkan dalam jabatan Penelaah Status Warga Binaan Pemasarakatan atau Analis Pemasarakatan. 

POLTEKIM DAN POLTEKIP berada dalam satu nagungan yang sama, namun fungsi dan tujuan yang berbeda. POLTEKIM berfokus pada keimigrasian sedangkan POLTEKIP berfokus pada pemasarakatan. 

13. PKN STAN (Politeknik Keuangan Negara STAN)

Politeknik Keuangan Negara STAN adalah sekolah tinggi Vokasi/kedinasaan dibawah naungan kementrian keuangan Republik Indonesia. 

Lulusan PKN STAN bakal langsung diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementrian Keuangan maupun lembaga pemerintahan lainnya, baik dipusat maupun di daerah. Sesuai peraturan perundang-undangan yang ada dan berlaku. 

PKN STAN memiliki 4 jurusan yang bisa dipilih, diantaranya:
  • Akuntansi
  1. D-III Akuntansi 
  2. D-IV Akuntansi
  • Pajak
  1. D-III Pajak
  2. D-III PBB/Penilai
  3. Diploma I Pajak
  4. Kepabeanan dan Cukai
  5. D-III Kepabeanan dan Cukai
  6. D-I Kepabeanan dan Cukai
  • Publikasi BC
  1. Manajemen Keuangan
  2. D-III Kebendaharaan Negara
  3. D-III Manajemen Aset
  4. D-I Kebendaharaan Negara 

14. API (Akademi Perkeretaapian Indonesia)/ Politekni Perkeretaapian Indonesia Madiun

Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun/Akademi Perkeretaapian Indonesia, merupakan sekolah kedinasan yang didirakan pada tahun 2014 dan berada dibawah naungan Badan Pengembangan SDM Perhubungan Darat Kementrian perhubungan Republik indonesia.

Diperkirakan sampai tahun 2030 Akademi Perkeretaapian Indonesia mampu merekrut dan meluluskan Taruna/Taruni yang siap mengabdi di kedinasan KAI sebanyak 78.740 Sumber Daya Manusia. 

Artinya akan selalu ada open rekrutmen secara berkala setiap tahunya di Akademi Perkeretaapian Indonesia (API). Lulusan API yang berkualitas , kompeten, handal dan profesional tentunya dipersiapkan untuk dapat mengisi slot-slot posisi kosong di Kereta Api Indonesia sebagai Pegawai Negeri nantinya. 

Akademi Perkeretaapian Indonesia memiliki 4 program studi, diantaranya:
  • Teknik Bangunan dan Jalur Perkeretaapian
  • Teknik Elektro Perkeretaapian 
  • Manajemen Transportasi Perkeretaapian 
  • Teknik Mekanika Perkeretaapian
Itulah 14 sekolah kedinasan yang bisa kalian pilih setelah lulus SMA dan ingin jadi PNS Jalur pendidikan. 

Informasi diatas tidaklah mutlak, Apa bila ada kesalahan Dan saran, silahkan sampaikan di kolom komentar atau kirim melalui email yang ada di Situs ini. Terimakasi banyak telah membaca di SenoWorker semoga bermanfaat.

14 Perguruan Tinggi Kedinasan Favorit. LULUS Auto PNS 14 Perguruan Tinggi Kedinasan Favorit. LULUS Auto PNS Reviewed by Seno on Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.