5 Profesi Paling Laku Di Perusahaan, CATAT!


Pernah bermimpi atau berkeinginan kerja kantoran, atau bekerja di ruangan ber-AC di gedung-gedung tinggi pencakar langit? Tapi nggatau gimana caranya dan gak tau juga profesi apa yang biasanya dibutuhkan perusahaan –perusahaan besar itu?. Hmmmm nih tak kasih tau, 5 profesi paling laku dibanyak perusahaan, Catat yak!

1. DATA ANALIS

Data analis merupakan profesi/posisi yang dibutuhkan oleh hampir semua perusahaan yang bergerak diberbagai bidang, mulai dari perusahaan yang bergerak dibidang keuangan, properti, media periklanan, penerbangan, telekomunikasi, pertambangan dll, jadi insyallah nggak akan bingung cari kerja. 

Tapi Memang apa sih tugas seorang data analis? Data analis memiliki tugas utama mengumpulkan, mengelola dan menganalisis data dari berbagai sumber, baik data yang sudah paripurna/lengkap maupun data yang masih harus terus disempurnakan. 

Selain itu seorang data analis juga harus mampu menyajikan hasil pengolahan dan penganalisisan data yang ada menjadi informasi yang valid dan mudah dipahami, sehingga dapat digunakan oleh perusahaan sebagai acuan pengambilan keputusan, acuan untuk mengevaluasi kinerja perusahaan, acuan untuk mengembangkan perusahaan, dan berbagai kebutuhan perusahaan yang memerlukan data. 

Lalu kemampuan dasar apa yang harus dimiliki seorang data analis agar dapat melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik? dan jurusan kuliah apa yang biasanya perusahaan cari untuk penempati posisi data analis ini?. 

Data analis harus memiliki kemampuan teknis seperti bahasa pemrograman SQL, ORACLE, PHYTON, javascript dll, memiliki kemampuan matematika dan statistika seperti menghitung, mengubah angka kedalam grafik, table, kemampuan analisis, terampilan dalam menyajikan dan mepresentasikan data, menguasai aplikasi seperti Ms. Excel, Ms.Power point,  Adobe Campagin, dsb. 

Mengingat pekerjaan ini berkutat dengan data, maka ketelitian, ketekunan, fokus, logis, akurasi, metodis, detail, kerjasama tim wajib dimiliki oleh seorang data analis. 

Data analis diperusahaan-perusahaan biasanya diisi oleh orang-orang dengan pendidikan minimal D3 atau S1 jurusan Teknik komputer, Bisnis, Statistika, Matematika, Ekonomi, Computer Science, management informasi, Teknologi informasi, bahkan ada perusahaan yang membuka posisi ini untuk semua jurusan yang penting memiliki kemampuan minimal seperti diatas tadi dan pengalaman.

2. DIGITAL MARKETING

Sesuai dengan namanya digital marketing artinya adalah pemasaran secara digital, maka segala usaha pemasaran produk atau jasa dengan beragam taktik marketing, seperti branding produk, penawaran, dan komunikasi dengan calon konsumen dilakukan secara digital baik menggunakan website, blog, telephone, maumpun menggunakan media sosial seperti facebook, instagram, whatsapp, line dll. 

Mengingat fungsinya sebagai ujung tombak pemasaran produk maupun jasa secara digital, maka hampir semua perusahaan pasti membutuhkan seorang digital marketing diera sekarang ini yang sudah serba digital.

Lalu secara rinci tugas digital marketing itu ngapain ajah sih?. 

Tugasnya ya memasarkan produk dan melakukan branding produk sekreatif mungkin secara online/digital baik dengan melakukan Search Engine Optimization (SEO) yang berfungsi untuk memudahkan calon konsumen menemukan produk yang ditawarkan di situs pencarian seperti google, membuat konten marketing seperti video dan gambar di media sosial yang menarik minat calon konsumen, melakukan email marketing, video marketing dll. 

Kalo begitu kemampuan dasar apa yang harus dimiliki oleh kita jika ingin menjadi seorang digital marketing yang hebat? 

Kamu harus mengerti media marketing online seperti google Ads,  paham SEO, mampu menulis artikel SEO, mampu membuat perencanaan promosi, mampu membuat content strategy, komunikatif, inovatif, kreatif, dan target oriented. 

Posisi ini biasanya disi oleh lulusan D3/S1 jurusan Marketing, DKV, Advertising, Komunikasi, Seni, Design, Multimedia, di perusahaan tertentu juga terbuka untuk Semua Jurusan.

3. AUDITOR

Siapa itu auditor? Sebelum menjelaskan siapa uditor mimin mau ngasih tau apa itu audit, menurut KBBI audit itu artinya: Pemeriksaan pembukuan tentang keuangan suatu lembaga, instansi, perusahaan, bank, dsb secara berkala, atau pengujian efektivitas keluar masuknya uang dan penilaian kewajaran laporan yang dihasilkannya.

Artinya dengan melakukan audit, segala praktik korupsi, kesalahan statement dilaporan keuangan dan laporan keuangan yang tidak wajar disuatu lembaga, instansi atau perusahaan akan terkuak secara objektif. 

Audit sangat baik untuk kesehatan keuangan suatu lembaga, instansi atau perusahaan karena perputaran keuangan yang tidak sehat akan terdeteksi dengan baik. 

Dari sini sudah mulai tergambar ya siapa itu auditor, auditor merupakan profesi seseorang yang berfokus pada kegiatan audit disuatu lembaga, instansi atau perusahaan. 

Gampangnya auditor adalah orang yang melakukan audit terhadap laporan keuangan disuatu instansi, lembaga atau perusahaan apakah telah memenuhi kriteria kewajaran dan memenuhi prinsi-prinsip akuntansi apa tidak. 

Ada berbagai jenis auditor yang sebaiknya kalian tau, diantaranya : auditor internal, auditor independen, auditor pemerintah, auditor forensik dan auditor pajak. nah perbedaannya apa Cari sendiri penjelasannya yak! Kepanjangan soalnya hee

Jika kalian benar-benar tertarik menjadi auditor, mulai saat ini persiapkan hal-hal berikut: tingkatkan kemampuanmu dibidang matematika dan komunikasi, kurangi sifat egois belajarlah kerjasama tim, rajin mempelajari regulasi auditing, tangguh saat bekerja dibawah tekanan, tingkatkan kejujuran dan ketelitian, belajar membuat laporan audit, kuasai aplikasi-aplikasi Microsoft office minimal ms.excel, ms.word, ms.power point, ms. Outlook, dan yang terakhir, kuliah lah di jurusan Akuntansi, karena Auditor diisi oleh orang-orang dari jurusan Akuntansi.

4. PROGRAMER

Kalian pasti tidak asing lagi dengan aplikasi-aplikasi yang ada di smartphone kalian, baik yang berbasis android maupun IOS, atau aplikasi-aplikasi yang ada di dekstop maupun website. pasti nggak asing kan? 

Pernahkah kalian bertanya-tanya siapa orang yang membuat itu semua? 

Orang yang berprofesi sebagai programer lah dalang dibalik lahirnya aplikasi-aplikasi yang kerap kalian jumpai dan kalian gunakan baik aplikasi mobile, dekstop, ataupun website.

Programerlah yang membuat serangkaian kode program dengan menggunakan bahasa pemrograman seperti Phyton, CSS, SQL, HTML, JavaScript, PHP, XML, dll. 

Membuat kode program dengan menggunakan bahasa pemrograman itu disebut dengan istilah coding. Tapi tugas programer tidak hanya membuat serangkaian instruksi komputasi/kode program namun juga memperbaiki, jika ada kerusakan atau Debug, dan terus melakukan pengembangan-pengembangan seiring berjalanya waktu. 

Hari ini dan dimasa yang akan datang kebutuhan perusahaan akan sosok seorang programer akan semakin meningkat, baik programer dengan spesialisasi web programing, dekstop programing, ataupun mobile programing. 

Mengingat saat ini saja semua sudah serba online, semua serba pake aplikasi, baik aplikasi mobile, website, ataupun dekstop untuk memudahkan perusahaan yang bergerak diberbagai bidang. 

Seperti perbangkan, transportasi, market place dll untuk melakukan kontak transaksional, promosi, maupun kontak penerangan dengan konsumen atau calon konsumen. Nah jika kalian tertarik ingin menjadi seorang programer apa sih yang harus kalian persiapkan? 

Kalo mau jadi programer, harus bisa bahasa pemrograman pastinya. Seperti SQL, CSS, HTML, PHP, dll, menguasai troubleshooting dasar komputer baik sofware dan network, mau belajar, berkembang, dapat bekerja secara individu maupun tim, mampu berpikir logis, sistematis dan manajerial, menguasi bahasa asing dan terampil bekomunikasi. 

Belajar otodidak sembari kuliah akan lebih baik sih menurut mimin. Karena rata-rata programer di perusahaan-perusahaan minimal S1 teknik informatika, komputer, software enginering, dan lain sebagainya. Yang berhubungan dengan dunia IT,  kecuali kalo kalian bisa berkarya sendiri dan nggak mau bekerja diperusahaan, itu lain cerita. 

5. HRD (HUMAN RESOURCES DEVELOPMENT)

Human resources development atau dalam bahasa indonesia bidang sumber daya manusia, HRD memiliki posisi cukup berpengaruh bagi suatu perusahaan melihat tugas dan tanggung jawabnya yang begitu urgent. 

HRD memiliki peranan penting dalam menentukan berbagai keputusan perusahaan dibidang sumberdaya manusia, seperti mengatur dan mengembangkan sumberdaya manusia yang ada dalam suatu perusahaan, melakukan rekruitment karyawan baru mulai dari membuat lowongan kerja yang dibutuhkan perusahaan, melakukan proses sleksi karyawan, seperti tes tulis menggunakan alat test psikologi , wawancara atau interview. 

Selain mengurusi perkara rekruitment karyawan baru, seorang HRD juga mengurusi semua karyawan yang sudah ada mulai dari menggaji, mengelola dan mengembangkan potensi karyawan. 

Melalui training atau pelatihan-pelatihan kepemimpinan dan keterampilan untuk membangun mindset maupun skill agar terus berkembang, kemudian melakukan penilaian kinerja karyawan, yang kita kenal dengan istilah key performance index, melakukan penggajian karyawan atau payment and payroll

Selama perusahaan memiliki banyak karyawan yang harus ditreatment dengan tepat sesuai keilmuan psikologi, ekonomi dan hukum, maka HRD adalah profesi/posisi kerja yang akan selalu dibutuhkan diberbagai perusahaan, dengan otoritas dan kedudukannya yang perpengaruh.

Sebagaimana pemaparan diatas, jika kamu memiliki tujuan karir ingin menjadi seorang HRD kusailah kemampuan-kemampuan seperti penggunaan alat tes psikologi, memahami sistem payment and payroll (penggajihan), mengetahui undang-undang ketenagakerjaan, bisa menangani administrasi HRD seperti (absensi, Surat menyurat, dll), memiliki kemampuan bahasa asing seperti inggris, mandarin, dll akan menjadi nilai plus buat kamu. 

Kemudian memiliki kemampuan komunikasi yang baik agar bisa menjadi mediator nantinya, antara atasan dan karyawan, mampu bekerja dibawah tekanan, bisa bekerja secara multitasking, mampu memanagement konflik dan melakukan pemecahan masalah, pengalaman berorganisasi juga bisa menjadi nilai plus untuk perkembangan mental dan kepribadianmu.

Perusahaan pada umumnya menginginkan HRD nya berpendidikan minimal S1 jurusan psikologi, hukum, atau management. 

Demikian SenoWorker melaporkan secara garis besar 5 PROFESI ORANG KREATIF versi senoworker semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.