5 Profesi Yang Membayarmu Untuk Jalan-jalan


Pernah nggak sih punya cita-cita atau minimal iseng-iseng kepikiran buat jala-jalan keliling dunia? Mungkin sebagian kita bakal nganggap itu cuma mimpi belaka, mengingat biaya yang dibutuhkan pasti tidak sedikit. 

Tapi tau nggak sih ada profesi yang bisa membuat kalian semua keliling dunia, mengunjungi tempat-tempat yang indah, menyenangkan dan digaji pula, Kalo gak tau nih tak kasih tau, 5 profesi yang membayarmu untuk jalan-jalan versi seno worker

1. Travel Consultant

Sesuai nama profesinya, seorang travel konsultan adalah konsultan perihal jalan-jalan, travel consultant biasanya bekerja di agent perjalanan tour & travel sebagai orang yang menawarkan paket perjalanan kepada para calon customer, memberikan informasi selengkap dan sejelas mungkin mengenai paket wisata yang ditawarkan, mengatur segala kebutuhan customer selama traveling seperti menentukan budget, memilihkan hotel untuk menginap, mengatur jadwal perjalanan, menentukan destinasi wisata yang akan dikunjungi, memesan tiket pesawat dll, rumit dan meribetkan yak? tapi kalau sudah terbiasa mungkin semua akan mengalir dan tak seribet yang dibayangkan sebab kamu sudah hafal tahapan-tahapanya. 

Lalu giamana caranya bisa jalan-jalan gratis, kan begitu pertanyaanya? Yak ketika kamu ikut rombongan wisata cilentmu itu, memang akan tidak semenyenangkan jika kalian traveling sendiri, Tapi kan kamu bisa jalan-jalan gratis dan digaji pula, tetep mau dan menarik kan menjadi travel Consultant? 

Oh iya jika kalian sudan begitu berpengalaman dan sudah memiliki nama, kalian juga bisa menjadi travel consultant mandiri yang bekerja sendiri alias tidak bekerja di perusahaan tertentu loh dan tetap bisa jalan-jalan gratiss dan digaji pastinnya. Tertarik menjadi travel consultant?

Jika tertarik dengan Profesi ini mulailah dari sekarang untuk mengasah kemampuanmu dibidang layanan pelanggan dan personal, kemampuan bahasa asing minimal inggris suku-sukur bisa lebih, kemampuan penjualan dan pemasaran, kemampuan presentasi/menyampaikan informasi yang baik, dan kemampuan-kemampuan penunjang lainya yang bisa kamu pelajari di perguruan tinggi dengan jurusan pariwisata, sebab beberapa perusahaan memang menginginkan travel consultantya memiliki pendidikan terakhir minimal D3 pariwisata.

2. Travel Blogger

Kemampuan menuliskan pengalaman berwisata yang baik dan fotografi yang menghasilkan gambar bagus adalah modal paling dasar seorang travel blogger. 

Travel bloger adalah orang yang melakukan perjalanan wisata dan mengabadikanya melalui tulisan dan jepretan kamera lalu menguploadnya ke blog pribadi, Jika tulisan dalam blognya itu menarik banyak pembaca, seorang travel blogger akan memperoleh berbagai sumber pendapatan seperti dari adsens, endorsment, menjadi pembicara, dsb. 

Kemudian foto-foto pemandang yang diambil saat traveling pun bisa dijual di website-website seperti shutterstock, istockphoto, dreamstime dan lain-lain, dari pendapatan-pendapatan itulah travel bloger di “gaji” dan punya modal buat jalan-jalan di dalam negeri maupun mancanegara, untuk kembali dituliskan dan dipotret, begitu seterusnya. 

karena pola yang berulang itulah travel bloger seperti gratis ajah traveling kemana-mana. Minat menjadi travel bloger?

Untuk memulai menjadi travel bloger kamu bisa awali dengan mengunjungi tempat-tempat wisata didekat tempat tinggalmu, lalu mulailah latih dan tingkatkan kemampuan menulismu dengan menceritakan ulang pengalamanmu berwisata itu di blog pribadi. 

Dari pada medsosmu cuma berisi galau-galau ria kamu juga bisa menuliskan pengalamanmu di akun media sosial sebagai media latihan dan media publikasi, begitu juga dengan kemampuan memotretmu, asah lah dengan terus mencoba sambil mencari tips-tips fotografi dari internet atau kalo punya kenalan fotografer langsung ajah belajar dari kenalanmu itu.

Yang terpenting cobalah untuk memulai, tentu untuk langkah awal jangan pernah berpikir untuk hasil yang sempurna tapi berpikirlah untuk makin baik dari hari kehari, perlahan-lahan, setahap demi setahap.

3. Reviewer

Reviewer adalah orang yang memberikan penilaian terhadap sesuatu, baik kelebihan maupun kekurangannya dengan baik dan objektif berbekal pengetahuan dan pengalamannya. 

Contoh reviewer kawakan di indonesia itu seperti Fitra Eri sebagai seorang reviewer otomotif khususnya mobil, terus David gadgetin sebagai rivewer gadget kususnya ponsel pintar, kedua sosok reviewer itu bisa kalian temukan di channel youtube mereka. 

Kalau kalian menonton channel youtube Fitra Eri maupun David gadgetin kalian akan mendapatkan pengetahuan yang objektif, penjelasan yang mudah dipahami, dan penyajian informasi yang sederhana tapi efektif, kedua orang itu dapat dikatakan contoh seorang rivewer profesional versi senoworker. 

Kemampuan reviewenya yang baik terhadap ponsel untuk David gadgetin dan kemampuan riviewnya yang baik terhadap mobil untuk Fitra Eri, mengantarkan keduanya kepuncak polpularitas yang membuat keduanya kerap diberi kursi sepesial oleh produsen-produsen besar untuk menghadiri launching produk-produk baru mereka, di Indonesia maupun diberbagai negara dengan gratis dan eksklusif, mantab bukan? 

Saat itulah mereka bisa jalan-jalan gratis dan dapet konten rivew pula buat channel youtubenya, untung dobel lah mereka. Tertarik jadi rivewer? Perhatikan hal ini :

Ketika kalian ingin mejadi rivewer profesional, hal yang harus benar-benar diperhatikan adalah pengetahuan dan pemahaman yang memadai tentang apa yang akan diriview.

Setelah pengetahuan dan pemahaman yang memadai selanjutnya adalah objektifitas penilaian harus dijaga, kemudian sajikanlah hasil rivew kalian dengan menarik dan efektif.

Kalian bisa membuat rivew terhadap sesuatu dengan tulisan diblog, web, media masa ataupun seperti Fitra Eri dan David gadgetin yang membuat rivew dalam bentuk video di youtube.

4. Bekerja di Kapal Pesiar

Selayaknya luffy dan teman-temannya dalam serial animasi one piece yang berlayar mengarungi lautan yang sangat luas, dan berlabuh di negeri-negeri yang belum pernah dikunjungi sebelumnya, menemui berbagai keindahan diberbagai waktu, diatas samudra dan diberbagai tempat disuatu negeri. 

Kita pun bisa melakukan itu dengan bekerja disebuah kapal pesiar, kalian bisa bekerja diberbagai posisi mulai dari nahkoda, tehnisi sampai koki. Mengenai profesi apa saja yang bisa kita pilih untuk bisa bekerja di kapal pesiar akan mimin bahas di lain kesempatan.

Meskipun kita bekerja di kapal pesiar tidak selamanya kita berada diatas kapal dan terus berlayar dilautan, sesekali kita juga menepi disuatu negri entah itu di eropa, asia, afrika, asutralia tergantung kemana tujuan kapal berlayar. 

Disaat berlabuh itulah kalian memiliki kesempatan untuk turun dari kapal dan berjalan-jalan ketempat-tempat wisata yang indah yang bisa kalian temui di negri tersebut. 

Dikutip dari suara.com ada 6 tujuan berlayar kapal pesiar paling populer di dunia, diantaranya ke Fjord (norwegia), kepulauan galapagos (ekuador), Sungai Mekong, Pelabuan Jepang (Tokyo, Kobe, Osaka, Yokohama), sungai Gangga, dan sungai Rhine

Jika kalian memang berminat untuk bekerja di kapal pesiar kalian harus tentukan dulu mau bekerja sebagai apa, sehingga memiliki gambaran dan persiapan yang tepat sebelum dan ketika melamar kerja disana. 

Sekali lagi karena menurut mimin menarik, profesi di kapal pesiar akan mimin bahas lebih lengkap dilain kesempatan insyaallah.

5. Pramugari/Pramugara

Bekerja di maskapai penerbangan dapat dikatakan salah satu pekerjaan yang lumayan memiliki nilai "keelitan" tersendiri, mengingat begitu ketat dan panjangnya proses perekrutan yang harus dilalui. 

Namun sulitnya masuk untuk berkarir di maskapai penerbangan pada posisi tertentu akan terbayar dengan gaji yang tinggi, dan jenjang karir yang jelas, apalagi kalau kamu menjadi seorang pramugari/pramugara, keliling dunia secara gratis bahkan malah digaji bukan hanya mimpi. 

Kemana pesawat terbang dan mendarat pramugari akan turut serta, itulah mengapa pramugari/pramugara bisa keliling dunia dengan gratis karena memang kerjanya di pesawat yang mondar mandir terbang ke berbagai belahan dunia. 

Tertarik jadi pramugari/pramugara? Tapi apasih sebenarnya tugas pramugari/pramugara?

Tugas pramugari/pramugara bukan hanya sekedar numpang naik pesawat lalu mondar-madir, pramugari/a memiliki tugas pokok yakni menjaga keselamatan penumpang dengan memberikan instruksi-instruki maupun tindakan-tindakan keselamatan. 

Selain menjaga keselamatan penumpang, pramugari/a wajib memberikan pelayanan kepada penumpang seperti memberikan makanan, minuman, selimut, obat-obatan yang diperlukan, bahkan mengangkat maupun menurunkan koper ke dan dari bagasi pesawat. 

Kalo kamu tertarik berkarir menjadi pramugari/a kamu harus mulai mempersiapkan diri dari sekarang, dengan belajar bahasa asing minimal bahasa inggris secara lisan maupun tulisan, merawat diri dan kesehatan, sekolah yang bener minimal lulus SMA, perhatikan tinggi badan minimal 158, dan syarat-syarat lainnya yang bisa kamu cari tahu sendiri dari sumber-sumber yang creadible tentunya.

Demikian Seno worker melaporkan secara garis besar 5 PROFESI YANG MEMBAYARMU UNTUK JALAN-JALAN semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.