7 Pekerjaan Yang Cocok Untuk Introvert

 

7 Pekerjaan yang cocok untuk introvert - Setiap orang sebenarnya memiliki elemen introvert maupun ekstrovert, namun kecendrungan atau elemen yang mendominasi setiap orang berbeda-beda. jika elemen introvert yang mendominasi maka kamu tergolong kedalam golongan orang yang memiliki kepribadian introvert, begitu sebaliknya.

orang sering salah kaprah dengan anggapan bahwa seorang introvert adalah orang yang pemalu, padahal keduanya adalah hal yang berbeda. dilansir dari hellosehat.com seorang introvert memiliki ciri: energi bisa terkuras (merasa lelah) saat berinteraksi dengan banyak orang, senang menghabiskan waktu sendirian, teman sedikit tapi berkualitas, lebih mudah terdistraksi, lebih sadar akan dirinya sendiri, belajar dengan cara observasi.

Lantas apakah seorang introvert dapat bertahan didunia pekerjaan yang selalu mengedepankan interaksi, komunikasi, kolaborasi, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan aktivitas yang bersentuhan dengan dunia sosial dalam jangka waktu yang lama? 

Jawabanya, ya tentu saja. Sebab ada beberapa bidang pekerjaan yang nggak banyak melakukan interaksi sosial, sebagaimana dikutip dari postingan instagram Skill Academy, adapun pekerjaan tersebut diantaranya:

  1. Penulis
  2. Akuntan
  3. Executive Chef
  4. Designer Grafis
  5. Freelancer Editor
  6. Pekerjaan Seni dan Kerajinan Tangan
  7. Programer atau Software enginer
Yuk kenalan secara singkat dengan tujuh profesi atau pekerjaan yang cocok untuk Introvert tersebut diatas versi senoworker.com

1. Penulis

Untuk menjadi seorang penulis kamu harus mampu mengubah ide, peristiwa, imajinasi, gagasan, ilmu dan lain sebagainya menjadi sebuah tulisan, baik dalam bentuk Novel, Buku Ilmiah, Jurnal, Content Writer, Copy Writing, Essay, Cerpen, Artikel, dll. Menjadi penulis tidak memerlukan intelektual yang tinggi tapi cukup dengan intelektual yang sederhana dan pembiasaan diri menuliskan sesuatu. Seorang Introvert tidak akan kesulitan membiasakan diri dengan hal-hal tersebut.

Penulis bukanlah profesi eksklusif yang hanya bisa dilakukan oleh orang tertentu saja sebagaimana dokter, Insinyur, dll. Penulis adalah profesi yang dapat dilakukan oleh siapapun yang tertarik, membiasakan diri dan mau berlatih menuangkan berbagai hal kedalam sebuah tulisan. Bermodalkan pengalaman dan buku diary, pena dan kertas, mesin ketik dan tinta, atau laptop dan microsoft word, kamu bisa memulai menjadi seorang penulis.


Dalam buku karya Amirul Ulum (Meniru Jejak Kreativitas Ulama Nusantara) beliau mengutip  ungkapan Imam Al-Ghazali yang berbunyi "Kalau Engkau bukan anak raja, bukan pula anak ulama besar, maka jadilah seorang penulis" 

"Saya bertanya pada diri saya sendiri. apa yang membuat saya tetap menulis dan menulis? kalau untuk kemasyhuran, saya telah mendapatkan lebih dari pada yang saya harapkan. Kalau untuk kesejahteraan dan kekayaan, Allah telah menganugerahi saya lebih dari pada yang saya butuhkan. Dan kalau ingin dihormati orang, saya sudah memperoleh lebih dari pada yang layak saya terima. Pada akhirnya, saya menyadari bahwa keinginan yang saya sebut tadi sia-sia dan hampa kecuali seuntai doa yang dihadiahkan kepada saya dari seorang muslim yang tidak saya kenal" -Dr. Sa'id Ramadhan al-Buthi

2. Akuntan

Akuntan merupakan gelar akademis yang dipeeoleh seseorang yang telah menyelesaikan studinya di perguruan tinggi jurusan akuntasi. Tugas seorang akuntan sangatlah beragam, diantaranya menyusun, membimbing, mengawasi, menginspeksi, dan memperbaiki tata buku serta administrasi perusahaan atau instansi pemerintah. Tentu dengan tugas yang sedemikian rupa tersebut diatas, akuntan lebih sering bergumul dengan data dan angka dibanding melakukan interaksi sosial tentu saja hal ini akan sangat mendukung kinerja seorang introvert.

Akuntan merupakan profesi yang memiliki berbagai macam sektor pekerjaan diantaranya seperti: Akuntan Publik, Akuntan Pajak, Akuntan Syariah, Akuntan Pendidik, Akuntan Umum dan lain sebagainya. Jika kamu seorang introvert, menyukai angka dan data, teliti, detail, tekun, Jujur, akan sangat cocok jika kamu menjadi seorang akuntan.

3. Executive Chef

Executive Chef atau sebutan lainya manajer koki, grand chef, master chef, atau kepala koki merupakan leader yang memimpin operasional dapur yang dihandle banyak koki  untuk membuat masakan yang lezat, menggugah selera makan, dan higienis di sebuah restoran.

Mengapa profesi ini cocok untuk orang dengan kepribadian introvert? sebab lingkup pekerjaannya tidak begitu luas bahkan sempit dengan hanya berkutat di dapur,mengkoordinir kerja koki dan meamastikansemua masakan dan pesanan tersaji dan terpenuhi dengan baik. kemampuan observasi dan self awareness seorang introvert sangatlah dibutuhkan dalam pekkerjaan ini.

Contoh seorang chef yang tekenal dan telah membawa kesan bahwa memasak adalah pekerjaan yang menly dan keren adalah chef Juna, chef Renata, yang memiliki karakter to the point, tidak suka ngomong jika memang tidak dibutuhkan alias tidak suka basa-basi.

4. Designer Grafis

Seorang design grafis menghabiskan banyak waktunya didepan laptop/komputer untuk membuat sebuah design logo, brosur, famplate, banner,dll.berkutat dengan imajinasi, inspirasi, warna, bentuk dan berbagai elemen pendukung lainnya yang tanpa bicarapun pekerjaannya dapat dihandle dengan baik.

Sebuah pekerjaan yang lebih mengedepankan kreatifitas dan keluwesan tangan membuat karya seni grafis yang tidak hanya indah namun juga bisa berkomunikasi atau menyampaikan pesan melalui warna dan bentuk. Artinya interaksi sosial dan komunikasi verbal tidak begitu dibutuhkan oleh seorang designer grafis. Oleh karena itulah pekerjaan ini sangat cocok buat kamu yang introvert dan punya kreatifitas dibidang grafis.

Download paket belajar Design Grafis lengkap disini! dan mulailah menapaki jalan menuju designer grafis pro dengan karya-karya berkelas dan berdaya saing tinggi di dunia kerja!

5. Freelancer Editor

Freelancer atau pekerja lepas merupakan profesi yang tidak terikat tempat dan waktu sebagaimana karyawan perkatoran. freelancer bekerja berdasarkan permintaan/project yang diberikan langsung oleh client atau dengan mencari project dengan mengikuti sayembara dan kontes baik secara offline maupun online. 

Jika kamu memilih sebagai freelancer editor maka carilah project-project yang berhubungan dengan dunia editor, diantaranya editor video (youtube, film pendek, dll), editor buku, editor audio, editor bahasa,editor fotografi dll yang bisa kamu cari di situs-situs seperti projects.co.id, sribulancer.com, freelancer.com, dan masih banyak lagi.


Seorang introvert akan sangat menikmati pekerjaan ini sebab dapat bekerja dimanapun dan kapanpun selama project dapat diselesaikan sesuai target dan permintaan clien. Jika kamu sudah memiliki banyak portofolio project yang pernah kamu kerjaakan, bekerja didunia freelancer ini dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah yang bahkan lebih besar dari para karyawan kantoran, bahkan project bisa datang tanpa kamu susah-susah mencarinya.

6. Pekerjaan Seni Dan Kerajinan Tangan

Selain bisa menungkan kreatifitas, isi kepala, dan susana jiwa dalam sebuah karya bernilai seni tinggi, pekerjaan seni dan kerajinan tangan ini sangat cocok buat kamu yang memiliki kepribadian introvert. Ada begitu banyak pekerjaan seni dan kerajinan tangan yang bisa kamu coba dan tekuni sampai menghasilkan karya dan bonus pundi-pundi rupiah. diantaranya Pelukis, Fotografer, Penyair, Pemusik, Pemahat, Pembatik, Videografi, dan lain sebagainya.

7. Programer Atau Software Enginer

Seorang programer tidak perlu ahli dalam berkomunikasi dan berinteraksi sosial namun minimal mampu menguasai satu bahasa pemrograman dan ahli dalam menggunakaknya. Sebab tugas programer/software enginer lebih banyak menggunakan jari jemari dan skill teknis pemrograman bukan skill komunikasi. Maka jangan heran jikaada temanmu yang memiliki kemampuan komunikasi yang kurang bagus tapi dapat bekerja di perusahaan bonafit untuk mengisi posisi kerja sebagai programer/software enginer.

Kalau kamu merasa kemampuan komunikasimu kurang memadai, menjadi seorang programer bisa jadi pekerjaan yang tepat buat kamu. Asalkan kemampuan matematika dan pengetahuanmu di dunia bahasa pemrograman cukup baik.

Itulah 7 pekerjaan yang cocok buat kamu yang memiliki kecendrungan kepribadian introvert, semoga menginspirasi dan bermanfaat.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.