5 Pelatihan/Kursus Online Gratis Nggak Pake Ribed!


Diera revolusi industri 4.0 dewasa ini, segala aspek kehidupan manusia didorong untuk terus "berevolusi" bergerak menuju arah kemudahan, keringkasan, efisiensi dan efektifitas. 

Melalui proses digitalisasi banyak hal berubah, mulai dari komunikasi, transportasi, transaksi keuangan, transaksi perdagangan, bahkan disebagian negara sudah menuju kearah otomasi dengan robot. 

Perubahan-perubahan ini tidak akan berdampak baik, jika kita tidak mampu mengenali dan beradaptasi dengan cepat, melalui peningkatan wawasan ilmu pengetahuan dan Upskilling.  

Bertahan ditengah arus perubahan yang sedemikian masif dan cepat, bukanlah hal yang mudah. jika pengetahuan dan skill yang kita miliki tidak mengalami peningkatan dari hari ke hari. 

Salah-salah kita aka terseret arus perubahan dan tertinggal. Artinya spirit menuntut ilmu harus terus kita tanamkan, dan upskilling adalah kenormalan kegiatan baru yang harus kita biasakan. 

Ada banyak daftar situs website dan aplikasi yang bisa kita gunakan untuk meng up grade hardskill maupun softskill kita secara online, dan bahkan dibeberapa platform pelatihan ada juga yang memberikan sertifikat apabila kita telah berhasil menyelesaikan pelatihan dengan baik. 

Berikut beberapa daftar platform pelatihan/pembelajaran yang bisa kalian gunakan untuk meng up grade skill. versi Senoworker ! 

1. IndonesiaX

IndonesiaX merupakan platform online pendidikan gratis berbahasa Indonesia. Menawarkan kursus-kursus berkualitas, yang dihadirkan dari berbagai perguruan tinggi negeri ternama seperti Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gajah Mada (UGM), dsb. 

Selain dari universitas ternama, kursus yang ditawarkan di IndonesiaX ini juga dihadirkan dari berbagai instansi besar dan dari praktisi profesional dibidangnya. 

Ada banyak kategori pelatihan/kursus yang bisa kamu ikuti di IndonesiaX, mulai dari bidang bidang penyiaran, kesehatan, engineering, ilmu komputer, Bisnis, ekonomi, sosial, dsb. kalian bisa cek langsung ke website resminya dan memilih pelatihan yang kamu butuhkan.

Pelatihan di IndonesiaX tidak dipungut biaya alias gratis. Tapi, jika kamu ingin memperoleh sertifikat dari pelatihan yang sudah kamu selesaikan, kamu harus menebusnya dengan harga yang terjangkau jika dibanding melakukan pelatihan offline berbayar. 

2. Arkademi


Arkademi merupakan aplikasi kurus atau pelatihan online yang menawarkan banyak pilihan bidang, baik  yang sifatnya hardskill maupun soft skill. 

Kamu bisa belajar kapan saja, dimana sajadan  dengan tutor yang ahli di bidangnya. Melalui sebuah video berkualitas tinggi yang terbagi-bagi ke beberapa bagian, agar lebih mudah dipahami dan dimengerti secara bertahap. 

Pelatihan disini juga memberikan sertifikat  sebagai tanda kalau kamu telah berhasil menyelesaikan kursus/pelatihan. 

Sertifikat yang kamu peroleh bisa menjadi nilai tambah saat melamar kerja nantinya. Beberapa materi pelatihan yang dapat kamu ambil seperti: Kewirausahaan, Pemasaran, Digital marketing, Pengembangan diri, dsb.

3. RuangKerja


Ruang kerja adalah aplikasi pelatihan online berbahasa indonesia dan inggris yang dirilis oleh Ruang Guru. Sistemnya hampir sama dengan Arkademi ataupun aplikasi pelatihan lainnya. 

Peserta memperoleh materi kursus/pelatihan melalui sebuah video yang terpotong-potong kedalam beberapa segment, kemudian diminta menjawab beberapa pertanyaan semacam ujian di awal sebelum menyaksikan video, dan setelah beberapa kali menyimak video pemaparan tutor. 

Seperti biasa kamu akan memperoleh E-sertifikat setelah menyelesaikan pelatihan/kursus. pelatihan di Ruang Kerja gratis, begitu juga dengan E-sertifikatnya. kamu cuma modal kuota dan handphone, sudah bisa meningkatkan skillmu, dapet sertifikat lagi. asik yak 

4. Ratatype



Ingin memiliki kemampuan mengetik cepat tanpa melihat keyboard? atau ingin belajar mengetik dari nol hingga menjadi pro?. 

Di Ratatype kamu bisa belajar mengetik dengan lebih baik. Di era serba digital kaya gini, kalo ngetik ajah masih bingung nyari huruf, yaa agak kacau ya. coba deh belajar di situs website ini (Ratatype). selamat mencoba.

5. Codecademy


Belajar bahasa pemrograman (Coding) bukan hanya milik mereka anak teknik informatika dan sejenisnya. 

Kini siapapun bisa belajar bahasa pemrograman atau bahasa kerenya ngoding secara online di situs website Codecademy. Disana kalian akan mendapatkan materi pembelajaran seputar coding/atau bahasa pemrograman. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.