Tips Cara Menambah Penghasilan Dari Rumah - Offline dan Online




Kebutuhan hidup seperti tak ada habisnya, sedangkan penghasilan cepet banget habis? Itu tandanya kamu harus mulai pinter-pinter memilah antara kebutuhan dan keinginan, antara kebutuhan hidup dan gaya hidup. 
Ketika penghasilan mencapai batas "minimum" tekanlah gaya hidup seminimum mungkin, dan ketika penghasilan terasa "maximum" sisihkan sebagian untuk ditabung dan berbagi (kalo bisa saat sempit maupun lapang sih). 

Selain dengan menghemat, menabung, dan berbagi, kamu juga bisa meningkatkan penghasilanmu dengan cara melakukan pekerjan tambahan agar pendapatanmu juga bertambah. 

Namanya pekerjaan tambahan, sudah tentu harus yang nggak menyita banyak waktu, dan bermodal kecil atau bahkan tak bermodal dan kalau bisa cukup dilakukan di rumah aja. Beberapa pekerjaan/profesi tambahan yang bisa kamu lakukan di rumah dan dijadikan pilihan, diantaranya seperti:

1. Membuka Pelatihan Keterampilan/Kursus

Pelatihan/kursus tak harus yang berat-berat, cukup yang ringan dan sering dilakukan sehari-hari juga bisa kamu jadikan kursus, tentu harus memperhatikan juga kebutuhan pasar, dan kemampuan finansial calon peserta kursus.

Kamu bisa membuka kursus ini sepulang dari pekerjaan utamamu, misal disore hari atau dihari libur kerja. contoh pelatihan ringan yang bisa kamu buka kursusnya seperti:
  • Kursus mengoperasikan aplikasi tertentu, misal Ms. Word, Ms.Excel, Ms. Powerpoint, Corel Draw, Adobe Photoshop
  • Kursus mengemudi
  • Kursus fotografi 
  • Kursus bahasa asing
  • dll
2. Pembesaran Perikanan/Peternakan

Pembesaran untuk sekedar penghasilan tambahan sekalanya tak perlu besar, cukup dengan memanfaatkan lahan kososng disekitar rumahmu dan membeli benih ikan maupun anakan ternak semampunya.

Kamu bisa melakukan pembesaran ikan konsusmsi seperti lele, gurame, dll. atau juga bisa melakukan pembesaran peternakan seperti kambing, ayam, bebek dll. 
Hasil pembesaran dapat diijual saat sudah mencapai ukuran tertentu kepada networkmu maupun dijual di pasar.

3. Jasa Cuci Motor/Mobil

Bermodalkan mesin pompa air, sabun, dan kain lap. kamu sudah bisa membuka jasa cuci motor maupun mobil. jasa cuci motor motor/mobil ini memiliki resiko kerugian sangat kecil. karena perlengkapan usaha ini seperti sabun, air, bensin, tidak akan habis jika tidak digunakan dan akan menghasilkan pemasukan ketika di gunakan (semoga paham maksudnya yah).

4. Jualan Online

Market palace online sudah sedemikian menjamur, kamu bisa mengambil peluang itu sebagai penghasilan tambahan entah dengan penjadi Reseller ataupun Dropshiper. 
Reseller adalah, ya kaya orang dagang pada umumnya, membeli barang kemudian menjualnya kembali, cuma biasanya kata reseller identik dengan orang yang dagang atau jualan secara online. 

Sedangkan dropshiper adalah orang yang menawarkan/mempromosikan barang dagang orang lain dan kita yang menentukan harganya supaya mendapat keuntungan, artinya tidak harus memiliki stok barang sendiri. kamu bisa mejadi reseller maupun dropshiper secara mandiri maupun lewat agen-agen reseller dan dropshiper yang banyak jumlahnya, ada yang terpercaya ada juga yang sulit dipercaya.

5. Blogger & Youtuber

Kamu yang berminat pada bidang ini dan mengharapkan penghasilan secara cepat dan instan dalam membangunnya, lebih baik lupakan saja. 

Tapi buat kamu yang mau berproses, mau berjalan perlahan sedikit-demi sedikit, blogger dan youtube bisa jadi pilihanmu untuk sumper penghasilan tambahan bahkan bisa jadi penghasilan utamamu jika upayamu maksimal dan hasilnya optimal. 
 
Blogger merupakan wadah yang menampung berbagai tulisan, mulai dari pengalaman pribadi, tips dan trik melakukan sesuatu, tutorial, informasi menarik, dan lain sebagainya.
Modal awal menjadi blogger minimal kamu harus mau menulis, untuk mengisi blogmu dengan artikel-artikel, atau tulisan-tulisan bermanfaat lainya. 

Kamu bisa mulai menulis tentang pengalaman, atau seusatu yang sedang ramai dibicarakan. kamu bisa mencari info mengenai cara menjadi penulis blogger di google dan youtube, ada banyak tutorial dan tipstrik disana.

namun jika kamu lebih suka berkomunikasi/menyampaikan pesan melalui verbal, dan tampil didepan kamera sebagai konten. youtube bisa menjadi pilihanmu. mulailah misal dengan membuat konten tentang perjalanan travelingmu, atau aktifitas hobimu, dll. 

Penghasilan dari youtube terbilang cukup besar ketika sudah mencapai titik tertentu. Seperti halnya blogger, membangun channel youtube juga tidak bisa instan. kamu bisa mempelajarinya lebih lanjut dari berbagai sumber digoogle maupun youtube.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.