Kenapa Program Management Trainee Ini Bagus Untuk Freshgraduate?



Buat kamu freshgraduate atau yang baru lulus sekolah atau kuliah pasti sering menjumpai istilah Management Trainee saat sedang berusaha mencari dan melamar lowongan pekerjaan.

Nah, tapi sebenarnya Managemen Trainee itu sendiri program yang seperti apa sih dan kenapa program ini bagus untuk diikuti oleh para freshgraduate

Nah ditulisan sederhana ini mimin mau mengupas secara singkat dan padat apa itu Management Trainee dan kenapa program ini sangat cocok untuk diambil oleh para freshgraduate saat pertamakali terjun ke dunia kerja disebuah perusahaan.

Definisi Management Trainee 

Dilansir dari mercubuana, Management Trainee adalah program perekrutan karyawan baru yang dibuat oleh perusahaan khusus untuk diikuti oleh para freshgraduate (non pengalaman), dengan berbagai tahapan seleksi seperti ujian saringan, wawancara, penerimaan hingga training atau pelatihan secara intensif untuk menghasilkan kandidat yang berkualitas baik secara skill maupun pengetahuan untuk menempati posisi kunci/manajerial diperusahaan.

Sederhananya Management Trainee ini program khusus dari perusahaan untuk membentuk para freshgraduate menjadi orang-orang yang layak untuk menempati posisi kunci/manajerial perusahaan. Kalo disekolah mirip dengan program akselerasi.

Isi Program Management Trainee

Dilansir dari workable, berikut adalah beberapa isi kegiatan diprogram Management Trainee:

  1. Memahami bagaimana perusahaan berjalan atau beroperasi
  2. Mensupport/atau mendukung/membantu manajer dalam berbagai tugas (membuat kebijakan baru, penetapan tujuan dll)
  3. Memahami proses kerja dan pencapaian tujuan setiap departemen atau divisi
  4. Memberi dukungan administratif seperti entri data
  5. Berpartisipasi dalam proses perencanaan strategi perusahaan
  6. Membantu manajer mengevaluasi pekerjaan seperti membuat laporan dan menganalisis data
  7. Membuat dan melakukan presentasi
  8. Menemukan cara untuk meningkatkan profit perusahaan dan menekan resiko
  9. dan lain sebagainya
Dari poin-poin diataslah perusahaan berusaha mendekatkan kandidat dengan perusahaan dan membentuk kandidat menjadi the next leader diposisi manajerial perusahaan

Kenapa Program Management Trainee (MT) Bagus Untuk Freshgraduate?

1. Upskilling atau meningkatkan Hard Skill maupun Soft Skill

Saat kamu terpilih sebagai kandidat untuk mengikuti program MT ini, kamu akan belajar banyak hal bahkan yang mungkin tidak kamu pelajari di bangku sekolah maupun kuliah seperti, komunikasi yang baik antar rekan kerja, berpikir kritis, kemampuan negosiasi, problem solving/pemecahan masalah, strategi bisnis, manajemen waktu, berpikir kreatif atau out of the box, dan lain sebagainya.

Tentu hal-hal semacam itu sangat berguna bagi freshgraduate yang masih begitu asing dengan dunia kerja, sebab sebelumnya hanya berkutat dengan diktat dan teori, sedangngkan di MT ini kamu juga dituntut bukan hanya bisa berteori namun juga melakukan tindakan konkrit.

2. Melatih atau Menumbuhkan Skill Leadership

Program MT ini adalah program untuk mempersiapkan future leader atau pemimpin perusahaan dimasa depan. Jadi kamu akan banyak belajar tentang bagaimana menjadi seorang pemimpin disebuah perusahaan dengan mengasah aspek-aspek seorang leader seperti, Keterampilan beromunikasi, mendengarkan, delegasi, kerjasama tim, motivasi, memecahkan masalah, mengambil keputusan, berpikir kritis dan visioner. 

Skill Leadership tersebut bisa kamu peroleh dari pelatihan langsung sehari-hari maupun melalui proses pengamatan terhadap para senior maupun pemimpin perusahaan.

3. Belajar Dari Berbagai Posisi Kerja By Doing


Dibeberapa perusahaan menjalankan program MT ini secara umum, jadi peserta tidak hanya belajar satu bidang pekerjaan saja, tapi banyak. Nah dari sinilah kandidat dihadapkan dengan kesempatan berharga untuk belajar banyak hal, sambil mencari pekerjaan yang sesuai dengan bakat, minat dan skill yang kamu peroleh dari program MT ini.

Biasanya Supervisor, Manajer, Mentor atau atasan juga mengawasi kamu dan dapat melihat potensi yang kamu miliki cocok untuk ditempatkan diposisi yang paling sesuai.

4. Memperluas Jaringan/Networking 


Perlu kamu pahami bahwa untuk bisa lolos program MT ini kamu harus melewati berbagai proses dan tahapan yang panjang, diproses tersebutlah kamu harus mengerahkan segala kemampuan dan potensi agar bisa lolos, kalo kamu lolos berarti kamu salah satu kandidat terbaik.

Selain itu program MT ini bisa kamu gunakan sebagai ajang memperluas network dengan sesama peserta MT yang juga kandidat terbaik juga.

Kamu juga berkesempatan bertemu dan belajar dari para senior dari berbagai divisi, ini kesempatan yang bagus untuk belajar banyak hal langsung dari para praktisi dibidangnya. Disamping kamu memperluas jaringan dengan orang-orang baru diberbagai divisi seperti supervisor, manajer, dll. 

5. Jenjang Karir

Salah satu keuntungan yang membuat program Management Trainee jadi primadona buat jobseeker adalah jenjang karier yang jelas. Kalau kamu berhasil menyelesaikan program ini dengan baik, kamu bisa dipromosikan untuk mengisi posisi penting di perusahaan.

Oh iyah, mimin mau ngasih tau satu lagi nih, buat temen-temen yang mau belajar Tiktok Marketing buat bekal skill ngelamar pekerjaan maupun digunakan sendiri untuk usaha temen-temen sekalian, silahkan klik link berwarna merah ini untuk info selengkapnya yak! :)

Segitu dulu yak berbagi info seputar dunia kerja dari senoworker, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di pembahasan lainnya minggu depan :)







Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.