Perbedaan Resume, Portfolio, dan Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup

pengertian c, resume, dan portofolio

Perbedaan Curriculum Vitae atau Daftar Riwayat hidup, Resume, dan Portfolio - Buat kamu yang baru lulus SMA/SMK/Sederajat atau baru lulus kuliah dan memasuki dunia kerja, pasti kerap dibuat bingung dengan perbedaan CV, Resume, dan Portofolio. 

Wajar saja, sebab ketiganya memang seakan sama, namun sebenarnya sangat berbeda loh, meski sama-sama berkaitan dengan profil diri kita. Sebagai pencari kerja atau pelamar kerja jangan sampai keliru dengan ketiga istilah tersebut, karena jika keliru kamu akan terkesan sebagai pelamar yang kurang mempersiapkan diri dan kurang kompeten.

Lalu apa sih pengertian dan perbedaan Curriculum Vitae atau daftar riwayat hidup, Resume, dan Portofolio? untuk lebih jelasnya baca penjabaranya di bawah ini sampe tuntas ya.

1. Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup

Curriculum vitae merupakan dokumen yang selalu dijadikan syarat berkas-berkas yang harus disertakan oleh setiap pelamar kerja. Secara definitif curriculum vitae merupakan dokumen yang memuat informasi profesional dirimu. Komponen-komponen informasi dalam CV minimal harus memuat identitas diri, pengalaman organisasi (jika ada), pengalaman kerja atau magang (jika ada), riwayat pendidikan, pencapaian/prestasi dan skill atau keahlian yang dimiliki.

Kamu harus membuat CV se-kreatif mungkin dan se-"menjual" mungkin, sebab dari CV lah HRD pertama kali melakukan penilaian berkenaan kecocokan kandidat dengan posisi kerja yang dilamar, dan dari CV juga HRD bisa mempertimbangkan seseorang untuk lanjut ketahap recruitment berikutnya atau tidak.

Oleh karena itu membuat CV yang baik, benar, dan mengesankan dimata HRD adalah ajang mempromosikan diri dan itu juga ada ilmunya, kamu bisa mempelajari cara membuat CV yang baik dan benar dengan klik disini (Tips Cara membuat CV yang berkualitas, berbobot, dan cepat dilirik HRD)

2. Resume

Resume dan CV sebenarnya beda tipis, sebab keduanya sama-sama dokumen yang berisi profil diri dan digunakan untuk memperkenalkan sekaligus mempromosikan diri. 

Bedanya, resume lebih berisi informasi yang fleksibel alias tidak sekaku atau sesaklek CV, Info dalam resume  selalu menyesuaikan dengan lowongan kerja yang dilamar.

Kamu bisa menggunakan CV yang sama untuk melamar berbagai posisi kerja, sedangkan Resume tidak demikian, kamu harus menyesuaikan beberapa isi resume dengan posisi kerja yang kamu lamar dan dalam membuat resume kamu harus menulisnya secara singkat, padat dan memiliki pengalaman kerja yang terkait dengan pekerjaan yang kamu lamar.

3. Portfolio

Portofolio memiliki berbagai makna menyesuaikan konteksnya. Entah berkenaan dengan Seni kah, pendidikan kah, politik kah, dan lain sebagainya. Namun secara sederhana portofolio merupakan dokumen yang berisi informasi pencampaian seseorang berupa karya atau hasil kerja.

Misal, jika kamu seorang desainer grafis maka portofoliomu berisi karya-karya yang pernah dibuat dibidang grafis entah itu logo, brosur, banner, illustrasi, dan sebagainya disertai keterangan secara singkat dan padat.

Jika kamu admin akun media sosial maka portofoliomu berisi daftar berbagai media sosial perusahaan yang pernah kamu kelola disertai keterangan secara singkat dan padat.

Intinya portofolio merupakan dokumen yang berisi bukti-bukti berkenaan dengan apa saja yang pernah kamu hasilkan selama kamu bekerja disuatu perusahaan dan portofolio harus dibuat secara menarik, ringkas dan mudah di pahami sebagai ajang meyakinkan perusahaan melalui karya.

Perbedaan Resume, Portfolio, dan Curriculum Vitae

Maka secara garis besar perbedaan CV, Resume, dan Portofolio sangatlah kentara. CV lebih mengarah ke dokumen yang berisi data diri secara lengkap mulai dari riwayat pendidikan sampai keahlian yang dimiliki secara tertulis, terstruktur dan tetap. 

Sedangkan resume adalah dokumen yang berisi deskripsi diri secara singkat dan dapat berubah-ubah dibeberapa bagian menyesuaikan pekerjaan yang dilamar. Resume dapat dikatakan sebagai bentuk ringkas dan fleksibel dari CV.

Nah, sedangkan portofolio adalah dokumen yang lebih mengedepankan bukti-bukti karya atau hasil kerja nyata atas pengalaman kerja yang pernah dilalui.

Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh CV, Resume dan Portfolio berikut ini:

1. Curriculum Vitae


2. Resume


3. Portfolio (dengan pengalaman desainer grafis)






Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.