Tips Seputar Kartu Prakerja dan Hal-Hal Yang Harus Dipahami

Hal-hal yang harus dipahami dari Kartu Prakerja

Program pemerintah untuk mengurangi pengangguran dan untuk memperbaiki rendahnya kompetensi angkatan kerja telah bergulir, yakni program Kartu Prakerja. Bicara kartu prakerja, ada hal-hal yang harus dipahami dari program ini sebelum mencoba mengikutinya.

Dilansir dari FAQ website Kartu Prakerja, Operasional Kartu Prakerja dijalankan dibawah naungan kementrian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. 

Semua kebijakan Kartu Prakerja diketuai oleh Koordinator Bidang Perekonomian Republik indonesia dan kepala staf kepresidenan sebagai Wakil Ketua, terdiri dari 12 menteri dan kepala lembaga sebagai anggota, dan sekertaris kementrian koordinator perekonomian republik indonesia sebagai sekertaris komite.

Konsep Kartu Prakerja

Konsep dari program kartu prakerja sebenarnya bukan untuk menggaji pengangguran sebagaimana disalah pahami banyak orang. 

Kartu prakerja merupakan program dari pemerintah untuk siapapun baik angkatan kerja/pencari kerja, pekerja/buruh, maupun pelaku usaha micro dan kecil, sepanjang memenuhi syarat yang telah ditentukan dan mau mengembangkan skill atau kompetensi, semua boleh ikut. Sehingga diharapkan dengan adanya Kartu Prakerja dapat meningkatkan produktifitas, daya saing, dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan.

Angkatan kerja adalah orang yang berusia 18-64 tahun, memiliki pekerjaan namun sedang tidak bekerja, maupun orang yang belum mendapatkan pekerjaan dan sedang mencari kerja

Kartu Prakerja berisi saldo yang wajib digunakan untuk melakukan pembelian atau pembayaran pelatihan di platform pelatihan online yang telah ditunjuk sebagai mitra Kartu Prakerja. Di platform pelatihan online itulah pemilik kartu prakerja mendapatkan pelatihan pengembangan kompetensi dan sertifikat elektronik yang dapat digunakan sebagai bekal sekaligus nilai plus saat mencari kerja maupun berwirausaha. 

Bagi kamu yang berhasil mendapatkan Kartu Prakerja akan mendapatkan Insentif Rp. 600.000/bulan selama 4 bulan, dengan catatan telah menyelesaikan pelatihan. Selain itu kamu juga akan mendapatkan insentif sebesar Rp. 50.000 setiap kali melakukan pengisian survey pasca pelatihan, survey dilakukan sebanyak 3 kali

Sebelum kamu memikirkan insentif yang akan kamu dapatkan jika berhasil mendapatkan Kartu Prakerja, lebih baik kamu fokus pada peningkatan kompetensi apa yang kamu butuhkan dan ingin kamu tingkatkan jika terpilih sebagai pemilik Kartu Prakerja. 

Kalau mau mengikuti program Kartu Prakerja ini, apa saja sih syaratnya?

Syarat Mendaftar Kartu Prakerja  

Pendaftar Kartu Prakerja harus memenuhi syarat-syarat berikut ini:
  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Pria/Wanita Minimal Berusia 18 tahun
  • Tidak sedang menempuh pendidikan tinggi maupun menengah atas 
  • Tidak harus pengangguran, tapi pengagguran sangat boleh ikut
  • Memiliki KTP dan Kartu Keluarga. 
Dan tidak diperkenankan mengikuti program kartu prakerja orang-orang yang menduduki posisi-posisi berikut:
  • Pejabat Negara
  • Anggota TNI POLRI
  • Kepala Desa dan Perangkat Desa
  • Aparatur Sipil Negara 
  • Pimpinan Maupun Anggota DPRD
  • Direksi, Komisaris dan Dewan Pengawas BUMN maupun BUMD

Rincian Cara Mendaftar Kartu Prakerja

Buat kamu yang masih bingung bagaimana cara mendaftar kartu prakerja dan sedang mecari panduan lengkapnya, berikut ini panduan lengkap cara mendaftar Kartu Prakerja:
  1. Masuk ke situs prakerja.go.id lalu pilih atau klik menu bertuliskan Daftar Sekarang
  2. Masukan Nama lengkapmu sesuai KTP, alamat email, lalu buat password
  3. Cek email yang kamu gunakan untuk mendaftar, lalu buka email yang dikirim oleh Kartu Prakerja, kemudian konfirmasi atau verifikasi alamat emailmu
  4. setelah konfirmasi akun atau verifikasi email berhasil, silahkan kembali ke wbsite prakerja.go.id
  5. Masukan email dan password kamu
  6. Isi data dirimu dengan lengkap dan benar pada kolom yang telah disediakan
  7. Upload foto KTP dan Foto Selfie kamu yang sedang memegang KTP (Ukuran file foto tidak boleh lebih dari 2 MB dan format foto hanya boleh JPEG/PNG)
  8. Masukan Nomor telponmu yang bisa dihubungi
  9. Masukan kode OTP yang dikirmkan ke nomer kamu
  10. Lalu Ikuti 7 Tahapan Memperoleh manfaat kartu prakerja dibawah ini

7 Tahapan Untuk Memperoleh Manfaat Kartu Prakerja

  1. Membuat akun (Jika belum Memiliki) di situs prakerja.go.id dan isi data dirimu dengan benar sesuai dengan KTP dan KK
  2. Ikuti tes Motivasi dan Kemampuan dasar (Persiapkan alat tulis dan kertas). Tes ini terdiri dari 18 soal dan dibatasi waktu pengerjaan 25 menit.
  3. Ikuti gelombang pendaftaran yang dibuka, jika kuota sudah terpenuhi kamu bisa mengikuti gelombang pendaftaran berikutnya. (rajin-rajin cek website prakerja.go.id dan follow Instagram Kartu Prakerja untuk mendapatkan update informasi)
  4. Pilih platform pelatihan online yang ditunjuk sebagai mitra resmi Kartu Prakerja (Tokopedia, Bukalapak, Maubelajar apa, Pintaria, Pijar mahir, Sekolah Mu, dsb) untuk mengikuti pelatihan online bersertifikat, lalu bayar pelatihan yang kamu pilih dengan Kartu Prakerja. 
  5. Pastika kamu mengikuti dan menyelesaikan pelatihan online yang telah kamu pilih dan bayar, agar mendapatkan pengembangan kompetensi, sertifikat elektronik dan berbagai macam insentif.
  6. Beri ulasan & rating terhadap pelatihan yang telah kamu ikuti sampai selesai
  7. Mendapatkan Insentif pasca pelatihan seperti disebutkan diatas
  8. Mendapatkan insentif setelah mengisi survey seperti disebutkan diatas

Cara Mengetahui Lolos Tidaknya Pendaftaranmu

Setiap Gelombang pendaftaran memiliki kuota/ jumlah peserta yang telah ditentukan, artinya tidak semua pendaftar lolos pada setiap gelombang pendaftaran, biasanya karena kuota telah terpenuhi. 

Cara mengetahui kamu lolos atau tidak, bisa dengan mengecek notifikasi di dasboard akunmu di website prakerja.go.id pada waktu pengumuman kelolosan dikeluarkan, dan jika kamu lolos seleksi gelombang, kamu akan mendapatkan notifikasi melalui SMS.

Jika Sudah 3 Kali Gagal Mendapatkan Kartu Prakerja

Jika kamu sudah berulang kali ikut pada gelombang yang dibuka dan menemui kegagalan lagi dan lagi, minimal jika sudah mencoba dan gagal 3 kali, kamu bisa melakukan upaya pengajuan permasalahan.

caranya, unduh surat pengajuan masalah (Link download surat ada pada FAQ Kartu Prakerja dibagian setatus lolos dan tidak lolos Kartu Prakerja lalu cari subjudul "apa yang harus dilakukan jika sudah tiga kali gagal mendaftar gelombang" link ada disana) setelah mendownload surat, kemudian lakukan pengisian surat dengan benar, lalu kirimkan surat ke alamat email : kepesertaan@prakerja.go.id. Bentuk suratnya seperti gambar dibawah ini:

surat gagal 3 kali kartu prakerja



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.