Kenali 5 profesi orang kreatif, Apakah Cocok Denganmu?


Sebagai anak muda, kalian pasti pernah merasa khawatir, bingung, gelisah saat bicara masa depan, jangankan menentukan masa depan menentukan mau kerja apa saja mungkin masih bingung. Nah dari pada bingung-bingung mending kenalin nih 5 profesi kreatif yang bisa kamu bidik mulai sekarang sebagai pekerjaan yang cukup prospektif versi seno worker:

1. Design Grafis

Seorang designer grafis akan semakin diminati dan dicari sebab banyak dibutuhkan mengingat apa yang kerap kita jumpai baik secara real maupun digital kini lebih menitik beratkan pada aspek visual dan itu merupakan bidang garapan seorang designer grafis. 

Seperti dibidang periklanan ada baliho, sepanduk, billboard, konten iklan medsos dll, kemudian dibidang branding ada logo, brand identity dll, dibidang media masa dan percetakan ada layouter, illustratsi, pembuat gambar kalikatur dll. 

Artinya selama ada periklanan, branding produk, media masa, percetakan, illustrasi, crative studio, selama itu sorang designer grafis masih dibutuhkan.

Desgner grafis juga bisa menjadi freelancer dengan mengikuti kontes-kontes design disitus-situs seperti 99designs.com, designkontes.com, freelancer.com, jika design kalian menang kalian berhak mendapatkan ratusan dollar dari situs tersebut, atau kamu juga bisa berjualan design grafis karyamu di shutterstock.com, freepick.com, jika laku penghasilan kalian juga lumayan dari situs tersebut.

Jika kamu tertarik ingin menjadi seorang designer grafis kalian bisa kuliah di jurusan Design Komunikasi Visual di perguruan tinggi seperti ISI Yogyakarta, Institut Kesenian Jakarta, ITB, Universitas Negeri Malang dll, tapi jika kalian dirasa tidak memiliki cukup banyak biaya untuk kuliah, kamu juga Bisa mempelajari Design Grafis tanpa kuliah melalui pelatihan online seperti di Skill Academy, Udemy, Alison Online dll. 

Jika itupun dirasa masih berat dikantong kalian juga bisa belajar di Youtube dengan mencari tutorial-tutorial aplikasi design grafis seperti Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, Corel Draw, Adobe Indesign, maupun tutorial lainya seperti Typografi, copywriting, Fotografi, illustrasi, Design logo dll.

2. Content Writer

Sesuai dengan namanya profesi ini sangat cocok buat kalian yang suka nulis. kalo pas disekolah seneng bikin makalah, essai, cerpen, artikel, catatan harian, kalian bisa teruskan kesenangan itu dan digaji dengan bekerja sebagai content writer. 

Tugas content writer tidak akan jauh-jauh dari menulis seperti membuat artikel untuk mengisi website perusahaan, jika perusahaan memiliki toko online dan sejenisnya content writer bertugas menuliskan deskripsi produk tersebut.

Melalui tulisan-tulisannya seorang conten writer memiliki tanggung jawab meningkatkan branding perusahaan dimana ia bekerja, melauli tulisan-tuliannya SEO website perusahaan harus semakin bagus. 

Conten Writer dapat dibilang profesi yang cukup mudah sebab kita tidak perlu angkat-angkat barang, nggak usah beradu dengan terik matahari, nggak harus mondar-mandir keluar kantor/rumah, content writer cukup duduk manis dan menulis depan laptop atau komputer. 

Namun perlu kreatifitas dan ketekunan yang tinggi agar menghasilkan tulisan yang maksimal. Jika kamu tertarik ingin menjadi seorang Content Writer rajinlah menulis, dan jangan lupa perbanyak membaca karena dari membaca kita memiliki banyak kosa kata dan data untuk dituliskan.

3. Social Media Specialist

Salah satu dari efek kemajuan teknologi munculah profesi yang bernama social media specialist. Ternyata bukan hanya kita sebagai individu sanja yang ingin dikenal dan mengenal dengan membuat akun social media, namun perusahaanpun sama ingin dikenal dan mengenal ntizen melalui akun social medianya seperti instagram, twitter, facebook, youtube, ilnkedin, website, dan Social media specialits inilah yang bertanggungung jawab mengembangkan akun social media perusahaan sebagai media penerangan, pemasaran, dan pendekatan dengan pelanggan.

Nah bagi kamu yang demen banget main social media kayanya profesi ini cocok buat kamu. Tapi yang harus kamu tau profesi ini bukan hanya bertugas bikin konten, upload konten, balas komen, lebih dari itu seorang social media specialist harus memiliki pemahaman tentang SEO (Search Engine Optimization), creatif dalam membuat artikel atau konten, komunikatif dengan pelanggan baik untuk menyampaikan informasi promosi maupun menanggapi komplain pelanggan, penuh inisiatif untuk mengembangkan akun social media perusahaan, konseptor yang baik dalam copywriting, memiliki kemampuan analisa traffic dan keyword. 

Jika kamu berkeinginan menjadi seorang social media specialist mulai sekarang tingkakan kempuanmu dalam membuatn konten yang asik, membuat caption yang menarik, SEO, berkomunikasi yang menyenangkan, berpikir solutif, dan tentunya senang menumpahkan kreatifitas di media social.

4. Video Editor

Apakah kamu merasa sebagai orang yang cukup kreatif mengedit video menggunakan beragam aplikasi seperti adobe premier pro, adobe after effect, dan aplikasi editing video lainya? Jika iya, selamat kamu memiliki kemampuan yang sangat menguntungkan dirimu diera sekarang ini yang serba digital. 

Mengingat meningkatnya penggunaan social media untuk perusahaan maupun perorangan Kamu bisa menjadi editor video diperusahan periklanan yang mengedit iklan-iklan yang bakal muncul di televisi, di bilboard pusat kota maupun platform social media, atau menjadi editor video wedding yang bakal bikin kamu baper, atau menjadi editor artis-artis youtuber (biasanya banyak bonusnya), kamu juga bisa bekerja di Production house atau televisi besar ibu kota. tapi jika kamu lebih suka berdikari maka jadilah seorang youtuber dan mengedit videomu sendiri. 

Untuk menjadi video editor kamu bisa kuliah dengan mengambil jurusan yang sama seperti jika kamu ingin menjadi seorang Designer grafis, ambilah jurusan DKV (Design Komunikasi Visual), dan ingat jurusan seperti Ilmu Komputer, Teknik Informatika bukanlah jurusan yang benar saat kamu ingin mempelajari Design dan multimedia. Selain melalui jalur perkuliahan kamu juga bisa menjadi seorang video editor melalui pelatihan berbayar yang ada baik online maupun oflfline maupun belajar otodidak lewat youtube dan platform-platform gratis lainnya.

5. Composer

Apa yang terbayang di benak kalian saat saya sebut nama Andhika Triyadi, Eka Gustiwana? Yah mereks adalah contoh composer muda indonesia yang memiliki segudang karya. Seorang komposer adalah penemu rangkaian nada yang bisa dinikmati, artinya menjadi komposer berarti menjadi orang yang membuat backsoud suatu film, mengaransemen lagu, membuat lagu untuk animasi, membuat jinggle, membuat ringtoone, ringbacktoone dan membuat banyak karya lainya dengan nada. 

Menguasi atau mampu memainkan alat musik adalah salah satu prasyarat menjadi composer, selain menggunakan alat musik komposer juga menggunakan komputer dan synthesizer untuk membuat, menyusun, dan menggubah musik.


Demikian SenoWorker melaporkan secara garis besar 5 PROFESI ORANG KREATIF versi SenoWorker. 

wassalamualikum


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.