Cara Sukses Introvert Dalam Wawancara Kerja

cara sukses introvert dalam wawancara kerja


5 Tips Wawancara Kerja Buat Kamu Kaum Introvert

Wawancara kerja seringkali menjadi momen menegangkan buat kamu yang berjiwa introvert. Bikin deg-degan, cemas dan pengen buru-buru kelar. Tapi, tenang ajah, ada beberapa cara yang patut kamu coba supaya wawancara kerja jadi lebih nyantai dan bikin kamu percaya diri. Ini dia 5 tips dari senworker yang bisa kamu coba:


1. Bawa Santai, Tanamkan Dalam Benakmu Klao Ini Hanya Sesi Kenalan 


Wawancara kerja gek perlu dianggep kaya pertandingan final Olimpiade. Coba bayangin ajah, ini kaya ngobrol biasa buat kenalan. Yolanda Owens, ahli karier di The Muse, pernah bilang begini "pikirin ajah kaya lagi kenalan sama temen baru. Banyak yang udah biasa lakuin ini setiap hari kok dan bikin mereka nyaman."

Trik lainnya dari Owens, bayangin aja kamu dapet kerjaan itu. Jadi, wawancara serasa kaya ngomongin proyek seru. "Gak bakal kerasa kaya wawancara, lebih ke obrolan aja," katanya.

Baca Juga: Penyebab Fresh Graduate Gagal Lolos Interview

2. Be Your Self, Tetap Natural


Ada yang suka pake bantuan visual saat presentasi, kaya slide atau contoh karya mereka. Owens contohnya, dia suka mikir sambil gambar-gambar. Jadi, buat kamu yang introvert, bawalah barang apa ajah yang bisa bantu kamu dalam wawancara. Biar kamu lebih nyaman dan bisa ngebayangin gimana budaya kerja disana. 

"Kalo mereka gak nerima kita apa adanya, mungkin kita juga gak nyaman kerja sama mereka," kata owens. "Tapi kalo mereka nerima, berarti kita bisa jadi diri sendiri disitu," tambahnya


3. Persiapan Matang Sebelum Wawancara  


Sebelum lakukan sesuatu, persiapkan diri dulu. Ahli karir di FlexJob bilang, gak perlu nulis skrip dan hafalin jawabanya kaya robot. Cukup buat catatan poin-poin penting yang pengen kamu sampaikan. 

"Mulai dari apa yang bakal kamu sampaikan diawal wawancara, sampe gimana cara bicara kamu tetep percaya diri, ramah, dan profesional." kata Frana

Frana juga saranin buat pertimbangin pertanyaan-pertanyaan yang biasa muncul di wawancara dan apa saja yang dibutuhin buat kerjaan itu. "Bersiaplah sebaik mungkin biar gak kejebak sama pertanyaan sederhana yang bikin kita kebingungan," jelas Frana.


4. Manfaatkan Sifat Introvertmu

Menurut Frana, menjadi introvert tidak selalu buruk. Ada sifat-sifat introvert yang bisa bantu banget buat wawancara kerja. "Umumnya, introvert adalah pendengar yang bijaksana yang suka mikir dulu sebelum ngomong," kata Frana. "Kalo ada pertanyaan yang susah atau kamu butuh waktu untuk jawab, manfaatin ajah sifat introvert kamu itu," tambahnya.

Gak masalah kalo kamu butuh waktu buat mikirin jawaban yang tepat. Dengan memanfaatkan waktu beberapa saat, jawaban kamu bakal lebih baik daripada cuma ngomong apa yang langsung kepikiran.Coba bilang ajah "Itu menarik. Namun, izinkan saya untuk berpikir sejenak," saran Frana.


5. No Right or Wrong, Just Be Honest


Owens menggaris bawahi bahwa gak ada jawaban yang bener atau salah dalam wawancara kerja. Yang penting. ceritain pengalaman kamu dan lihat apakah tempat kerja itu cocok buat kamu. "Gak ada patokan yang bener atau salah dalam situasi ini, yang penting ceritain pengalaman kamu dan pikirkan apakah tempat itu cocok buat kamu." ujarnya.


Nah, itu dia 5 tips buat kamu yang introvert dan lagi nyari kerja. Ingat yak, wawancara itu kesempatan buat kamu nunjukin siap kamu sebenarnya dalam versi terbaik. Jadi, jangan takut buat jadi diri sendiri!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.