Kisah Keuangan Petugas Kebersihan dan Eksekutif Bisnis Lulusan Hardvard


Kisah yang akan saya sampaikan adalah kutipan halaman awal Buku fenomenal berjudul "The Psychology Of Money" Karya Morgan Housel, Pelajaran "abadi" mengenai kekayaan, ketamakan dan kebahagiaan. Buku tersebut telah diterjemahkan kedalam 26 bahasa, sebuah buku keuangan terbaik dan paling orisinal.

Kisahnya begini,

Ronald James Read merupakan seorang filantropis, investor, petugas kebersihan, dan penjaga pom bensin asal Amerika Serikat.

Ronald Read lahir di pedesaan Vermont. Dia orang pertama di keluarganya yang lulus SMA, dan itu lebih mengesankan karena dia harus minta tumpangan di mobil orang untuk pergi ke sekolah setiap hari.

Mereka yang mengenal Roland Read tidak banyak menceritakan hal lain. Kehidupanya sangat bersahaja.

Read memperbaiki mobil di pom bensin selama 25 tahun dan menyapu lantai JCPenney selama 17 tahun. Dia membeli rumah 2 kamar seharga $12.000 dan hidup di sana sampai meninggal. Dia ditinggal mati istrinya ketika berumur 50 dan tak pernah menikah lagi. Seorang kawan mengenang bahwa hobi utamanya adalah memotong kayu bakar.

Read meninggal pada tahun 2014, umur 92 tahun. Barulah si petugas kebersihan bersahaja dari desa masuk berita internasional.

Pada tahun 2014, 2.813.503 orang Amerika meninggal. Tak sampai 4.000 orang punya harta di atas $8 juta ketika meninggal. Ronald Read adalah salah satunya.

tenang dulu, mari lanjutkan kisahnya,

Di surat wasiatnya, sang mantan petugas kebersihan mewariskan $2 juta kepada anak-anak tirinya dan $6 juta lebih kepada rumah sakit dan perpustakaan setempat.

Mereka yang mengenal Read tentu saja kaget. Darimana dia dapat uang sebanyak itu?

Ternyata tak ada rahasianya. Tak ada kemenangan lotre atau warisan besar. Read menabung berapa pun yang bisa dia tabung dan menginvestasikannya di saham blue chip. Dia kemudian menunggu, sampai puluhan tahun, selagi tabungan kecil berlipat-lipat menjadi $8 juta lebih.

Itu saja. Dari petugas kebersihan ke filantropis. Namun kisah belum usai, mari kita sambung sedikit ke kisah selanjutnya sebentar saja

Beberapa bulan sebelum Ronald Read meninggal, laki-laki lain yang bernama Richard masuk berita.

Richad Fuscone sangat beda dengan Ronald Read. Fuscone seorang eksekutif Merrill Lynch lulusan Hardvard bergelar MBA, berkarier begitu sukses di bidang keuangan sehingga bisa pensiun pada umur 40-an untuk menjadi filantropis. Mantan CEO Merrill Lynch David Komansky memuji "keahlian bisnis", kepemimpinan, pertimbangan bagus, dan integritas pribadi" Fuscone. Majalah bisnis Crain's pernah memasukan dia di satu daftar pebisnis sukses "40 di bawah 40".

Pada pertengahan 2000-an, Fuscone meminjam banyak uang untuk memperluas rumah 1.600 meter persegi di Greenwich, Connecticut dengan 11 kamar mandi, dua lift,dua kolam, tujuh garasi, dan biaya pemeliharaan bulanannya di atas $90.000.

Kemudian krisis keuangan 2008 melanda.

Krisis itu menghajar hampir semua orang. Rupanya Fuscone jadi hanjur luluh. Utang besar dan aset tak likuid membuatnya bangkrut. "sekarang saya tak punya pendapatan," katanya ke hakim perkara kebangkrutan pada 2008.

Pertama, rumahnya di Palm beach disita.

pada 2014, giliran rumah mewahnya di Greenwich.

Lima bulan sebelum Ronald Read (petugas kebersihan kisah sebelumnya) mewariskan hartanya untuk derma, rumah Ricard Fuscone---di mana para tamu mengingat "asyiknya makan dan dansa di atas atap transparan kolam renang dalam ruang"---dijual dalam lelang barang sitaan dengan nilai 75% taksiran perusahaan asuransi.

Ronald Read sabar; Richard Fuscone tamak. Itu saja yang membuat perbedaan besar pendidikan dan pengalaman keduanya tak berpengaruh.

Pelajaranya di sini bukanlah supaya kita lebih meniru Ronald dan jangan seperti Richard---walau itu bukan nasihat buruk.

Mengelola uang dengan baik tidak ada hubungannya dengan kecerdasan Anda dan lebih banyak berhubungan dengan perilaku Anda. Dan perilaku sukar diajarkan, bahkan kepada orang yang sangat cerdas

Jika kamu ingin lebih banyak menguak kisah-kisah lainnya dan ingin mendapatkan pelajaran mengelola uang dengan baik. Penjelasan Morgan Housel dalam buku ini sangat brilian dan mengungkapkan bukan hanya hal-hal yang belum pernah diungkapkan sebelumnya, tetapi juga masuk akal. Kamu bisa membeli buku originalnya dengan klik link pembeliannya disini atau klik beli dibawah. Selamat berinvestasi leher keatas Geng's!




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.