Beasiswa Unggulan Program Sarjana, Magister, Dan Doktoral Dari Kemdikbud Telah Dibuka

Beasiswa sarjana, magister, dan doktoral

Beasiswa unggulan program sarjana, magister, dan doktoral dari Kemdikbud telah dibuka- dilansir dari akun twitter @puslapdik (Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan). 

Bahwa beasiswa masyarakat unggulan untuk Sarjana (S1), Magister (S2), dan Doktor (S3) telah dibuka dari tanggal 21 September 2020 sampai 3 Oktober 2020. 

Untuk melakukan pendaftaran, kamu bisa mengakses portal beasiswa unggulan kemendikbud di: beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id

Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi dari Kemdikbud ini merupakan beasiswa dalam negeri, untuk jenjang sarjana, magister, dan doktoral. Beasiswa ini dapat diikuti oleh calon mahasiswa yang sudah memiliki surat keterangan diterima di perguruan tinggi, maupun mahasiswa yang tengah melangsungkan perkuliahan maksimal semester 2 pada saat mendaftarkan diri.

Alur Tata Cara Pendaftaran

  1. Membaca Informasi terkait beasiswa unggulan dan FAQ (Frequently Asked Question) pada laman website beasiswa unggulan kemdikbud 
  2. Melakukan registrasi beasiswa unggulan di buonline.beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id
  3. Lakukan aktivasi akun dengan membuka email yang kamu gunakan untuk pendaftaran (apabila link aktivasi tidak kunjung dikirimkan ke email-mu setelah lebih dari 30 menit, klik tombol bantuan untuk mengganti email)
  4. Login menggunakan akun yang telah berhasil diaktivasi
  5. Melengkapi form pendaftaran, isi sesuai dengan data yang valid. Apabila telah memasukan data yang sesuai kamu akan memperoleh nomor registrasi
  6. Pengumuman hasil seleksi tahap 1 diumumkan melalui email peserta yang terdaftar (bagi yang tidak lolos dapat mengikuti beasiswa unggulan di batch 2, ditahun yang sama).
  7. Pemanggilan seleksi tahap 2 untuk tatap muka dilakukan menggunakan email (bagi yang tidak hadir dianggap menggundurkan diri)
  8. Pengumuman akhir dapat dilihat di akun peserta maupun email (peserta yang lolos, melakukan tanda tangan kontrak dan bimtek, jika tidak hadir dianggap mengundurkan diri)
  9. Kemudian peserta yang lolos diminta mengisi form untuk pencairan dana sesuai dengan kebutuhan Universitas atau kebutuhan yang telah ditentukan.

Persyaratan Umum Peserta Beasiswa Unggulan Kemdikbud

  • Dutamakan memiliki sertifikat yang membuktikan prestasi tingkat nasional ataupun internasional
  • Mendapatkan rekomendasi dari institusi terkait
  • Tidak sedang menerima beasiswa sejenis dari pihak lain
  • Diterima diperguruan tinggi terakreditasi

Persyaratan Khusus Beasiswa Unggulan Program Sarjana

  1. Memiliki usia maksimal 22 tahun
  2. Mengisi nilai Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) bagi siswa lulusan dalam negeri
  3. Bagi mahasiswa yang tengah menempuh pendidikan S1, IPK minimal 3.25 pada skala 4.00
  4. Membuat karya tulis berupa essay/karangan menggunakan bahasa Indonesia dengan ketentuan:
  • Judul/Tema: "Aku Generasi Unggul Kebanggaan Bangsa Indonesia"
  • Essay ditulis dengan jumlah halaman sebanyak 3-5 halaman, ukuran kertas A4 menggunakan format huruf/font Times New Roman, ukuran huruf 12 dan spasi 1.5 lines

Persyaratan Khusus Beasiswa Unggulan Program Magister

  1. Usia maksimal 32 tahun
  2. Surat keterangan lulus/Letter of Acceptance (LoA) Unconditional bagi mahasiswa yang baru diterima di perguruan tinggi dengan akreditasi institusi minimal B atau surat keterangan aktif kuliah dari dekan atau direktur pasca bagi mahasiswa on-going pada perguruan tinggi dengan akreditasi minimal B.
  3. Memiliki IPK S1 minimal 3.25 pada skala 4.00 baik mahasiswa baru maupun on-going.
  4. Diutamakan bagi mahasiswa yang memiliki kemampuan bahasa inggris dengan skor minimal TOEFL ITP 500/IBT 61 atau IELTS 5,5  
  5. Membuat proposal rencana studi yang berisi alasan mengapa mengambil program studi yang dipilih dan rencana penelitian tugas akhir (tesis).

Persyaratan Khusus Beasiswa Unggulan Program Doktoral

  1. Berusia Maksimal 40 tahun
  2. Surat keterangan lulus/ Letter of Acceptance (LoA) Unconditional bagi mahasiswa yang baru diterima di perguruan tinggi dengan akreditasi institusi minimal B atau surat keterangan aktif kuliah dari dekan atau direktur pasca bagi mahasiswa on-going di perguruan tinggi dengan akreditasi institusi minimal B.
  3. Memiliki nilai IPK S2 minimal 3.40 pada skala 4.00 baik mahasiswa baru maupun on-going
  4. Diutamakan bagi mahasiswa yang memiliki kemampuan bahasa inggris dengan skor minimal TOEFL ITP 500/IBT 61 atau IELTS 5,5
  5. Membuat proposal rencana studi yang berisi alasan mengapa mengambil program studi yang dipilih dan rencana penelitian tugas akhir (disertasi)

Kelengkapan Berkas-Berkas

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Kartu Tanda Mahasiswa (Khusus Mahasiswa On-going)
  3. LoA Unconditional (Untuk mahasiswa On-going ganti dengan surat tanda aktif kuliah)
  4. Kartu Hasil Studi (KHS) terakhir (Khusus mahasiswa On-Going)
  5. Ijazah dan transkrip nilai terakhir
  6. Sertifikat TOEFL/IELTS (Tidak diwajibkan untuk S1)
  7. Proposal Rencana Studi (Rencana perkuliahan dan sks per-semester yang akan ditempuh hingga selesai studi, topik apa yang akan ditulis dalam skripsi/tesis/disertasi, deskkripsikan aktivitas diluar perkuliahan yang akan dilakukan selama studi dan bagaimana implementasi hasil studi dimasyarakat)
  8. Surat rekomendasi dari civitas akademik atau institusi terkait (Download format disini)
  9. Surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa sejenis dari sumber lain (Download format disini)
  10. Sertifikat prestasi minimal kabupaten
  11. Essay menggunakan Bahasa Indonesia dengan Judul: "Aku Generasi Unggul Kebanggaan Bangsa Indonesia" ditulis sebanyak 3-5 halaman, menggunkan format huruf/ font Times New Roman, dengan ukuran kertas A4, Ukuran huruf 12, dengan spasi 1.5 lines.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.