Apa Itu Landing Page, Keunggulannya Untuk Promosi Produk Di Era Digital Dan Cara Membuatnya Tanpa Kemampuan Ngoding?


Apa Itu Landing Page Dan Keunggulannya Untuk Promosi Produk Di Era Digital? - Untuk menjawab apa itu landing page dan keunggulannya untuk promosi produk di era yang serba digital seperti sekarang ini rasanya menja di penting untuk diketahui, dipelajari dan di praktekan. 

Sebab kini hal-hal yang berbau konvensional, manual, dan repot dalam dunia marketing perlahan sedang bergeser kearah yang serba otomatis, terdigitalisasi dan praktis. Jika kita tidak responsif terhadap perubahan ini, mungkin kita bukan hanya akan tertinggal tapi juga tidak lagi relevan dengan zaman.

Salah satu bentuk palingnyata pergeseran itu dalam dunia marketing adalah maraknya penguunaan landing page untuk media promosi, dimana sebelumnya menggunakan selebaran, brosur, sepanduk, dan media cetak non digital lainya menjadi media andalan. Untuk beberapa kondisi memang masih perlu menggunakan media cetak. Namun untuk pemasaran yang cakupanya lebih luas dan efeknya lebih masif, para digital marketer sudah mulai memaksimalkan penggunaan landing page dan media sosial sebagai alat pentrigernya. lalu pertanyaanya, apa sih landing page itu? dan apa keunggulanya?

Pengertian Landing Page

Landing page secara bahasa terdiri dari dua suku kata yakni landing dan page. Landing artinya mendarat dan page artinya halaman. Jadi secara umum landing page adalah halaman yang digunakan untuk mendaratkan/mengarakan triger tertentu seperti klik link ke sebuah media marketing berbasis website.

Sederhananya Landing Page adalah halaman website yang telah didesain khusus dengan tujuan marketing. Landing page lebih sederhana daripada website, sebab landing page hanya terdiri dari satu halaman, memuat informasi yang sudah dipadatkan atau diringkas mengenai suatu produk atau layanan untuk kemudian mengarahkan pengakses secara terstruktur kepada tujuan marketing/sales. Sehingga orang yang mengakses landing page benar-benar diarahkan untuk melakukan tindakan yang diinginkan seperti membeli, menyewa, menginstal, berlangganan dan lain sebagainya.

Landing page ini seringkali dikolaborasikan dengan social media, facebook ads, googel ads, dan iklan digital lainya sebagai "kolam" yang berisi berbagai informasi seperti product knowladge dan promo penawaran yang disusun sedemikian rupa secara lengkap, padat, dan efektif untuk menarik minat konsumen melakukan transaksi.

Biasanya susunan isi landing page dimulai dengan product knowladge, alasan-alasan rasional mengapa kita memerlukan produk atau layanan tersebut dengan sekema pemaparan masalah dan solusinya, kehawatiran dan solusinya, ketakutan dan solusinya, harapan dan langkah mewujudkannya dan ditutup dengan penawaran menggiurkan berupa potongan harga, penawaran spesial, dan lain lain. Landing page hanya punya stu tujuan oleh karena itu di landing page hanya ada satu tombol, yaitu tombol untuk Call To Action seperti beli, daftar, download, instal, dll 

Lalu apa keunggulan landing page dibandig media lain seperti website, aplikasi, email, dll untuk tujuan marketing?

Keunggulan Landing Page

Landing page memiliki kepraktisan dan efektifitas yang jauh lebih baik dalam mempromosikan produk kepada calon konsumen melalui klik link atau klik iklan, mengingat landing page tidak memiliki banyak tombol yang bisa mengalihkan fokus calon konsumen terhadap tujuan marketing yang sudah di tetapkan. Sehingga calon konsumen benar-benar mendapatkan informasi yang terstruktur, terarahkan dengan baik, rikas dan menyeluruh. Dari awal sampai akhir landing page mengarahkan calon konsumen kepada satu titik yaitu call to action (beli, daftar, ikuti, sewa, hubungi, dan lain sebagainya)

Kalo kamu mau tau lebih lengkap mengenai seluk beluk landing page dan diajarkan cara membuatnya langsung oleh praktisi atau ahlinya, kamu bisa klik download video pelatihanya disini.

Dipelatihan tersebut kamu akan mendapatkan materi lengkap Cara Membuat Web & Landing Page Tanpa Coding Berbasis CMS Wordpress Oleh Andreas Agung, seorang Digital Marketing Expert. Mengingat dipelatihan ini berisi full praktek maka jangan lupa siapkan laptop atau komputer ya saat mengikuti pelatihan. Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.