JURUSAN KULIAH PROSPEKTIF YANG BISA DIAMBIL OLEH LULUSAN SMA IPA MAUPUN IPS


Sedang mengalami kesulitan karena merasa keliru ngambil jurusan saat SMA/sederajat? yang ujung-ujungnya Nggak bisa ngambil jurusan kuliah impian karena latar bealakang jurusan pendidikan saat SMA yang tidak sesuai? yang IPA nggak bisa ngambil jurusan yang bisa diambil jurusan IPS, dan yang IPS juga nggak bisa ngambil jurusan yang bisa diambil jurusan IPA.
Tapi, tau nggak sih kalian kalau ada banyak jurusan yang bisa diambil setelah lulus SMA tak peduli kamu IPA atau IPS. SenoWorker telah merangkum 5 jurusan dibawah ini yang bisa diambil oleh siapapun tak peduli lulusan IPA atau IPS dua-duanya bisa mengambilnya:

1. Administrasi Publik (Administrasi Negara)

Administrasi publik atau dibeberapa universersotas namanya program studi administrasi negar. Pada jurusan ini kamu akan mempelajari banyak hal seputar pelayanan masyarakat, dunia birokrasi di instansi pemerintahan dan kebijakan publik. sederhananya jika kamu mengambil prodi ini kamu akan mengetahui seluk-beluk pemeritahan, ilmu pelayanan masyarakat, kemudian kamu juga akan tahu bagaimana kebijakan dibuat, diimplementasikan, dan dievaluasi. keren nggak kan?
Jurusan yang bisa kamu ambil dari program studi administrasi publik/administrasi negara diantaranya Ilmu administrasi, pemerintahan daerah, administrasi pembangunan, dan kebijakan publik.

Bagi kamu yang memiliki miniat untuk berkarir didunia birokrasi atau ingin merombak dunia birokrasi kita yang terkesan bertele-tele dan banyak pungli disana-sini, prodi ini sangat cocok buat kamu. setelah lulus kamu dapat berkarir di instansi pemerintahan seperti Bea&Cukai dll, sebagai PNS maupun non PNS.
Selain di instansi pemerintahan kamu juga bisa berkari di perusahaan swasta yang bergerak di bidang pelayanan publik dan sosial seperti BAZNAS, dll, maupun perusahaan yang bergerak di bidang ekonomi dan pembangunan seperti perusahaan kontraktor dll.

2. Cyber Scurity

Prodi Cyber Scurity adalah program studi yang mempersiapkan mahasiswa untuk memiliki penguasaan, pengetahuan dan keahlian dalam pengujian, perancangan, dan pengimplemmentasian, perlindungan/pengamanan di dunia maya yang berkaitan dengan teknlokogi, proses dan praktik telematika seperti jaringan, koputer, data dll. 
Jurusan yang terkait dengan cyber scurity yaitu: Teknik informatika, Ilmu komputer, Sistem informasi (manajemen informatika).

Lulusan prodi ini bisa bekerja dimanapun mulai dari dalam negeri maupun luar negi, baik instansi pemerintahan pusat maupun daerah, perusahaan negara maupun swasta, perusahaan nasional maupun multinasional, dll. 

Dimanapun kalian bisa bekerja, selagi kamu memiliki kompetensi yang mumpuni untuk menempati salah satu posisi Programer komputer, Full stack developer, Arsitek big data, Java programer, dll. dan selagi ada instansi atau perusahaan yang membutuhkan tenaga keamanan cyber untuk mengamankan data maupun sistem dari serangan virus, hacker yang melakukan peretasan maupun orang-orang yang melakukan aktifitas akses ilegal.

3. Branding

Branding merupakan kegiatan memperkenalkan suatu produk atau merek kepada masyarakat agar lebih diketahui dan dikenal. selain memperkenalkan, branding juga merupakan kegiatan membangun kesan istimewa agar suatu produk atau merek memiliki tempat tersendiri dimasyarakat dibandingkan produk atau merek sejenis.

Didalam branding terkandung berbagai unsur yang saling mendukung dan menopang yang bisa kamu pelajari, unsusr-unsur itu seperti mendesign logo, membuat jingle (sound pendek untuk mempekenalkan produk, contoh: nokia dengan jingle nya yang berbunyi setiap kali handphone nokia yang mati kemudian dinyalakan), mendesign kemasan (Kardus, sacet, box dll), membuat tagline (kalimat pendek yang bertujuan untuk memfamiliarkan produk, contoh: rexona dengan tagline nya 'setia setiap saat'), dan pengiklanan di media elektronik maupun cetak.dalam melakukan branding juga mengharuskan riset kepada masarakat untuk mengetahui pendapat dan kesannya sebagai konsumen terhadap suatu produk atau merek.

Jurusan perkuliahan yang terkait dengan Branding antaralain: DKV (Design komunikasi Visual), periklanan, Ilmu komunikasi, manajemen pemasaran, marketing comunication, dll. nantinya jika kalian lulus kalian bisa menempati posisi-posisi kerja sperti: Content creator, Analis riset pasar dan spesialis pemasaran, manajer social media, manajer pemasaran digital, dll.

4. Desain interior

Seorang desainer interior tidak hanya melakukan perancangan tataletak interior rumah saja. seorang design interior juga melakukan perancangan interior hotel, perkantoran, mall, kapal, bahkan layout display toko, layout display pameran dan lain-lain. 

Perancangan dan pengaturan tata letak yang dilakukan designer interior dimaksudkan untuk mengoptimalkan penggunaan dan fungsi ruangan agar lebih indah, fungsional, dan nyaman tentunya. intinya design interior adalah ilmu tentang merancang, menyusun, dan menerapkan tata letak suatu ruangan dengan maksimal, agar memiliki kegunaan, fungsi, keindahan, dan kenyamanan yang optimal, dengan memperhatikan psikologis manusia dan budget.

Ada beberapa jurusan yang berkaitan dengan desain interior seperti: Design interior, design produk industri, design furnitur, arsitektur. setelah lulus kuliah dari jurusan design interior kalian bisa menempati posisi-posisi prospektif seperti menjadi designer interior, perancang pameran, konsultan interior, perancang set panggung, visual merchandiser, dll.

5. Agrobisnis (Sosial Ekonomi Perikanan)

Jurusan ini agak kurang diminati oleh para lulusan SMA sederajat, mungkin karena image nya yang kurang keren dibanding jurusan lainya. padahal kuliah bukan soal keren atau tidak tapi soal tujuan, bakat dan minat individu masing-masing. wong nyatanya jurusan agrobisnis ini kegiatnya bergerak dibidang yang sangat urgen bagi kemajuan bangsa, yakni perikanan. ya karena jika perikanan kita maju negara kita akan mendapatkan dua keuntungan besar pertama keuntungan ekonomi yang kedua keuntungan gizi untuk para penduduknya. Karena kita tahu ikan memiliki banyak kandungan yang mampu meningkatkan kecerdasan otak.

Tapi ngomong-ngomong jika kita kuliah di Agrobisnis ini, kita akan mempelajari hal-hal seperti teknik mengelola bisnis perikanan, baik perikanan laut maupun perikanan air tawar, kemudian budidaya perikanan dan biota air laut/ air tawar, dan mendorong potensi enterpreneurship (Bisnis) dibidang perikanan. artinya kamu dibekali berbagai ilmu untuk menjadi seorang pebisnis ikan air laut/air tawar agar bisa melebihi atau minimal sama seperti mantan mentri KKP ibu Susi Puji Astuti itu loh. 

Selain menjadi pebisnis perikanan lulusan agrobisnis juga nantinya bisa menjadi pengajar agrikultural, manajer akuakultural, peneliti dan ahli teknologi pangan.   

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.